Finex
MT Haryono Street No.Kav. 2-3, RT.1 RW.6 12810 Jakarta, ID
021-50101569, 021-50101046

Apa itu NFP dan cara memanfaatkannya dalam trading

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, mengapa setiap sebulan sekali semua pasar mengulas tentang rilis NFP? Apa yang membuatnya menjadi begitu penting? Jika Anda ingin tahu bagaimana NFP dapat membantu Anda mengambil keuntungan dalam trading, tetaplah di sini dan baca artikel ini sampai tuntas: hari ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda tentang salah satu indikator ekonomi terpenting di pasar.

Apa itu NFP?

NFP adalah singkatan dari Non-farm Payrolls, yang menunjukkan tingkat ketenagakerjaan AS di sektor nonpertanian, atau dengan kata lain, NFP merepresentasikan jumlah tenaga kerja dalam satu bulan, tetapi tidak termasuk tenaga kerja dari sektor pertanian, pemerintahan, rumah tangga, dan lembaga-lembaga nonprofit. NFP merupakan salah satu indikator paling penting dalam ekonomi Amerika Serikat, serta yang paling ditunggu oleh semua trader di seluruh dunia. 

NFP dirilis setiap bulan dan merepresentasikan data untuk bulan sebelumnya. NFP selalu memberikan dampak terhadap pasar, sehingga kerap membuatnya volatil. Dan karena hasil rilisnya memengaruhi nilai tukar USD, trader selalu waspada menjelang perilisannya. 

pic1.jpg

Seperti apa pengaruh NFP? 

Secara umum, membaca hasil NFP tidaklah begitu sulit: semakin banyak jumlah tenaga kerja, kondisi ekonomi suatu negara akan semakin stabil, dan semakin banyak pula yang mereka dapat hasilkan; dengan begitu, pengeluaran konsumen secara keseluruhan akan naik. Secara logis, ketika kondisinya berbalik, dan tingkat pendapatan masyarakat menjadi lebih rendah, maka ekonomi akan memburuk. Jadi, NFP menunjukkan kemungkinan arah pergerakan kurs USD.

Sederhananya, jika pembacaannya tinggi, USD semakin kuat. Sebaliknya, jika pembacaannya rendah, USD berkecenderungan melemah. 

Ketika angka upah atau payrolls sesuai dengan yang diprediksikan, reaksi di pasar nihil. Biasanya, NFP dirilis pada hari Jumat pertama tiap bulannya, dan momen sebelum dan setelah perilisan adalah momen penting untuk trading NFP. 

Harap untuk dicatat, bersamaan dengan NFP, dua indikator penting lainnya juga dirilis: pendapatan rata-rata per jam dan tingkat pengangguran. Kedua indikator ini dapat mengkover hasil NFP negatif dan mendukungnya – dalam kondisi yang lain, jika pendapatan rata-rata per jam dan tingkat pengangguran negatif, maka akan menjadi tidak sempurna sekali pun hasil NFP positif. 

pic2.jpg

Tips trading dengan NFP

Seperti yang telah kami sebutkan, NFP sangat memengaruhi nilai tukar USD. Dalam waktu yang lama, pantau terus pasangan-pasangan mata uang mayor yang melibatkan USD, khususnya EUR/USD, GBP/USD dan USD/JPY. 

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat trading NFP adalah kesabaran dalam mengawasi pasar untuk mencerna informasi baru, tanpa terburu-buru bertindak sampai tiba pada waktunya untuk mengikuti tren. Periode volatilitas terbesar adalah 30 menit pertama setelah perilisan, walaupun dampaknya masih bisa bertahan selama 2 jam.

Awasi terus indikator-indikator teknikal dan pemicunya. Ingat, pasar kerap "berubah-ubah kondisi" pada momen tersebut, sehingga patut untuk memerhatikan tren dengan hati-hati dan trading sesuai dengan suasana pasar, karena perubahan selalu berpotensi terjadi pada poin-poin tertentu

Untuk menjamin keamanan dana Anda, sebaiknya tidak membuka order tepat sebelum perilisan. Jika Anda sebelumnya sudah membuka order, disarankan untuk menutupnya beberapa menit sebelum data NFP diumumkan secara publik. 

pic3.jpg

Siapkan diri Anda! 

NFP adalah peluang nyata untuk menghasilkan profit selama pasar bergejolak – jadi manfaatkan situasinya. Meski tidak harus membuka order sebelumnya, Anda sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik menjelang rilis NFP. Saat trading NFP, banyak faktor yang terlibat dengan waktu dan reaksi. Pastikan diri Anda sudah sigap untuk mengambil tindakan di setiap momen! 

bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading