Bantuan

Forex Hari Ini, 1 Maret

01/03/2022, 15:30

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Selasa, 1 Maret:

Pergeseran positif yang disaksikan dalam sentimen risiko di paruh kedua hari pada hari Senin tetap berumur pendek dengan Rusia meningkatkan kehadiran militernya di Ukraina. Investor tetap berhati-hati pada Selasa pagi dan greenback bertahan terhadap rival utamanya. Di kemudian hari, data inflasi dari Jerman dan IMP Manufaktur ISM Februari dari AS akan dilihat sebagai dorongan baru.

Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde juga dijadwalkan menyampaikan pidato pada pukul 20.00 WIB. Selain itu, Federal Reserve AS diperkirakan akan mempublikasikan pidato pembukaan kesaksian Ketua FOMC Jerome Powell pada hari Rabu.

Setelah pertemuan panjang pada hari Senin, delegasi dari Rusia dan Ukraina telah sepakat untuk bertemu lagi untuk putaran kedua "pembicaraan damai", menghidupkan kembali harapan untuk solusi diplomatik untuk krisis. Namun demikian, NBC News melaporkan bahwa badan-badan intelijen AS telah menetapkan bahwa Presiden Rusia Putin dapat "menggandakan kekerasan" karena ia frustrasi dengan perjuangan militernya di Ukraina. Berita utama lainnya tentang perang menunjukkan bahwa konvoi militer besar sedang bergerak menuju Kyiv dan Rusia berencana untuk menghentikan rute pasokan ke ibu kota.

Indeks saham berjangka AS diperdagangkan datar di awal sesi Eropa pada hari Selasa dan imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun naik lebih dari 1% pada 1,86%. Indeks Dolar AS membukukan kenaikan harian kecil tetapi tetap di bawah 97,00.

Sebelumnya pada hari itu, data dari China mengungkapkan bahwa aktivitas bisnis di sektor manufaktur meningkat pada Februari setelah mengalami kontraksi pada Januari dengan IMP Manufaktur Caixin meningkat menjadi 50,4 dari 49,1. Sementara itu, Reserve Bank of Australia (RBA) membiarkan suku bunga kebijakannya tidak berubah pada 0,1% seperti yang diharapkan dan bank tersebut menegaskan kembali bahwa suku bunga kebijakan tidak akan dinaikkan sampai inflasi aktual secara berkelanjutan dalam kisaran target 2% -3%. AUD/USD naik moderat hari ini di 0,7270.

EUR/USD melakukan rebound yang menentukan di jam perdagangan Amerika pada hari Senin dan akhirnya menutup hari di wilayah positif di 1,1220. Pasangan ini diperdagangkan dalam kisaran yang relatif ketat di dekat 1,1200 Selasa pagi.

GBP/USD tetap relatif tenang di atas 1,3400 menjelang sesi Eropa pada hari Selasa. Bank of England akan mempublikasikan data Net Lending to Individuals untuk Januari nanti, yang kemungkinan akan diabaikan oleh pelaku pasar.

USD/JPY berbelok ke selatan pada akhir Senin dan menutup hari pertama minggu ini di zona merah. Pasangan ini bergerak sideways di sekitar 115,00.

Emas berada di bawah tekanan bearish yang berat di paruh kedua hari ini pada hari Senin karena arus risiko mengambil alih pasar. XAU/USD mengkonsolidasikan penurunan hari Senin, tetap bertahan di atas $1.900.

Bitcoin melonjak lebih tinggi dan naik lebih dari 14% pada hari Senin sebelum stabil di atas $43.000 pada Selasa pagi. Ethereum naik 11% pada hari Senin dan berada dalam jarak yang menyentuh dari angka kritis $3.000.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik