Finex
MT Haryono Street No.Kav. 2-3, RT.1 RW.6 12810 Jakarta, ID
021-50101569, 021-50101046
>Fokus Minggu Ini 03 - 07 Mei 2021

Fokus Minggu Ini 03 - 07 Mei 2021

03/05/2021, 10:45

Data ketenagakerjaan bulan April dan berbagai laporan pendapatan kuartal 2021 akan memastikan ini adalah minggu sibuk lainnya saat pasar memasuki bulan Mei. Investor juga akan mengamati penampilan pejabat Federal Reserve dan data lainnya, termasuk PMI untuk mengamati indikasi kesehatan ekonomi AS saat pembukaan kembali berlanjut. Di Inggris, Bank of England diperkirakan akan meningkatkan perkiraan ekonominya pada pertemuan pada hari Kamis dan bahkan kemungkinan mulai mengurangi laju pembelian aset karena ekonomi terus pulih dari kemerosotan yang disebabkan Covid-19. Inilah yang perlu Anda ketahui untuk memulai minggu Anda.

Data pekerjaan April diprediksi alami pertumbuhan

Ekonomi AS diperkirakan mencatatkan bulan pertumbuhan pekerjaan yang kuat di bulan April di mana laporan gaji pekerja non pertanian hari Jumat diperkirakan akan menunjukkan 978.000 pekerjaan diciptakan, setelah 916.000 pekerjaan ditambahkan pada bulan Maret - peningkatan terbesar sejak Agustus kemarin. Tingkat pengangguran diperkirakan akan turun menjadi 5,7% dari 6%.

Data akhir pekan lalu menunjukkan pertumbuhan ekonomi mengalami percepatan pada kuartal pertama, menempatkan ekonomi pada jalur yang diharapkan menjadi kinerja terkuat tahun ini dalam hampir empat dekade.

Stimulus fiskal yang belum pernah ada sebelumnya dan meredanya kecemasan atas pandemi, dengan semua orang dewasa Amerika sekarang memenuhi syarat untuk vaksinasi, telah menghasilkan pemulihan ekonomi yang lebih cepat di AS dibandingkan dengan negara lain di dunia.

Pendapatan

Kinerja pendapatan pulih dari posisi terendah yang dipicu pandemi tahun lalu dan hasilnya sekarang berasal dari lebih dari setengah perusahaan S&P 500.

Lusinan perusahaan lainnya akan melaporkan pendapatan dalam minggu ini seperti produsen vaksin Pfizer akan melaporkannya pada hari Selasa, diikuti oleh Moderna pada hari Kamis.

Pendapatan dari sektor perjalanan juga layak untuk dicermati terdiri dari Hilton Worldwide Holdings Inc dan Caesars Entertainment, sementara beberapa perusahaan konsumen juga mengikuti jadwal rilis laporan keuangannya, termasuk Anheuser Busch Inbev dan Estee Lauder.

Beberapa laporan keuangan penting lainnya juga akan diketahui dari General Motors , Uber, ViacomCBS, DraftKings Inc dan Beyond Meat.

Hasil pendapatan menimbulkan beberapa pertanyaan baru dalam perdebatan tentang sektor saham pertumbuhan (growth) terhadap saham nilai (value). Setelah satu dekade terus-menerus berkinerja buruk di pasar keseluruhan, saham nilai (value) telah menjadi spekulasi favorit pembukaan kembali dan investor akan mengawasinya untuk melihat apakah tren ini berlanjut.

Pandangan Fed

Ketua Fed Jerome Powell akan menyampaikan pandangan pada hari Senin, tetapi ia diperkirakan tidak akan menawarkan wawasan baru tentang ekonomi selama penampilannya untuk membahas pengembangan komunitas pada konferensi daring yang diselenggarakan oleh National Community Reinvestment Coalition.

Minggu lalu Powell mengatakan "waktunya belum" untuk berbicara tentang pengurangan laju pembelian obligasi bulanan Fed sebesar $120 miliar.

Presiden Fed Dallas Robert Kaplan berpidato pada hari Selasa dan Kamis, sementara Presiden Fed New York John Williams, Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari, Presiden Fed Chicago Charles Evans, Presiden Fed Boston Eric Rosengren dan Presiden Fed Cleveland Loretta Mester termasuk di antara para pengambil kebijakan Fed yang akan menyampaikan pendapatnya tentang ekonomi selama seminggu ini.

Data PMI

Menjelang semua laporan pekerjaan penting hari Jumat, investor akan mendapatkan lebih banyak data untuk memperkuat pandangannya mengenai kesehatan ekonomi dari laporan ISM manufaktur dan jasa.

Survei ADP untuk perekrutan sektor swasta akan dirilis pada hari Rabu diikuti oleh angka mingguan dari klaim pengangguran awal pada hari Kamis.

Meskipun klaim telah turun dari rekor 6,149 juta pada awal April 2020, klaim tersebut masih di atas kisaran 200.000 hingga 250.000 yang dianggap konsisten untuk kesehatan pasar tenaga kerja. Ada 16,6 juta orang menerima tunjangan pengangguran di minggu pertama April.

Pertemuan Bank of England

BoE kemungkinan dapat menghentikan langkahnya dari dorongan stimulus dan mengurangi laju pembelian obligasi pada rapat kebijakannya hari Kamis lantaran ekonomi Inggris pulih dengan kuat dari resesi yang dipicu oleh dampak pandemi.

Berbeda dengan Federal Reserve AS atau Bank Sentral Eropa (ECB), yang berkomitmen untuk pembelian obligasi terbuka guna mendukung perekonomian mereka, BoE menetapkan target spesifik.

Analis juga mengharapkan perkiraan prospek ekonomi yang diperbarui, termasuk rebound yang lebih besar dalam pertumbuhan kuartal kedua dan puncak pengangguran yang lebih rendah.

Di bulan Februari, BoE memperkirakan ekonomi akan tumbuh sebesar 5% tahun ini setelah output anjlok hampir 10% tahun sebelumnya, penurunan terbesar selama lebih dari 300 tahun.

bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading