Finex
MT Haryono Street No.Kav. 2-3, RT.1 RW.6 12810 Jakarta, ID
021-50101569, 021-50101046
>Menjelang Laporan Suku Bunga RBA, Tetap Dipertahankan Di Rekor Terendah

Menjelang Laporan Suku Bunga RBA, Tetap Dipertahankan Di Rekor Terendah

04/05/2021, 10:40

Keyakinan di antara warga Australia telah gagal mendapatkan dukungan besar yang dikaitkan dengan berakhirnya penguncian COVID-19 di seluruh negeri di masa lalu.

Indeks kepercayaan konsumen mingguan ANZ-Roy Morgan naik hanya 0,3 persen meskipun penutupan singkat terbaru di Perth telah berakhir.

Keyakinan di antara orang-orang Perth memang meningkat 1,3 persen, tetapi ini adalah respons yang jauh lebih kecil daripada setelah penguncian bulan Januari.

Kepala ekonomi ANZ Australia David Plank mengatakan ini mungkin karena beberapa kasus lain telah muncul.

"Kabar buruk dari India membuat kota dan negaranya agak gelisah," tambahnya.

Namun, di antara sub-indeks survei, kepercayaan terhadap kondisi keuangan saat ini naik 2,2 persen.

“Keuntungan ini bisa jadi hasil dari pengumuman yang dibuat tentang anggaran, seperti dana tambahan untuk perawatan anak,” kata Plank.

Bendahara Josh Frydenberg mengumumkan paket perawatan anak senilai $ 1,7 miliar pada akhir pekan ketika survei kepercayaan dilakukan sebelum anggaran 11 Mei.

Satu hal positif yang berkelanjutan untuk kepercayaan adalah suku bunga sangat rendah.

Angka inflasi yang terkendali minggu lalu memastikan Reserve Bank tidak akan mengubah pandangannya tentang prospek suku bunga dalam waktu dekat.

Bank sentral akan mengadakan rapat dewan bulanan pada hari Selasa di mana kemungkinan besar akan mempertahankan suku bunga tunai, dan kebijakan utama lainnya, pada rekor terendah 0,1 persen.

Gubernur RBA Philip Lowe diperkirakan akan menegaskan kembali bahwa suku bunga tidak akan naik sampai inflasi kembali ke kisaran target dua hingga tiga persen, sebuah peristiwa yang diperkirakan tidak akan terjadi hingga 2024.

Pada tahap ini, dan dengan indeks harga konsumen yang mencatat tingkat tahunan sebesar 1,1 persen pada kuartal Maret dan ukuran inflasi yang sama-sama tidak berbahaya, tampaknya prediksi Dr Lowe tepat sasaran.

Apa yang disebut 'dewan bayangan RBA' Universitas Nasional Australia, yang terdiri dari para ekonom, mantan anggota dewan bank sentral dan akademisi, percaya bahwa suku bunga 0,1 persen tetap sesuai.

Dikatakan pandemi COVID-19 tetap terkendali dengan baik di dalam negeri, yang ditunjukkan dengan indikator ekonomi yang terus membaik, terutama di pasar tenaga kerja.

"Namun, peluncuran vaksin terlambat dari jadwal dan dengan demikian terbukti merugikan perekonomian secara keseluruhan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Pada saat yang sama, dan meskipun statistik membaik, masih ada kelambanan yang cukup besar di pasar tenaga kerja.

"Tidak mungkin bahwa perkembangan terakhir akan menyebabkan tekanan upah dan harga dalam waktu dekat," katanya.

bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading