Bantuan

Pertumbuhan Bisnis Eropa Meningkat

04/05/2022, 17:35

Aktivitas bisnis di zona euro meningkat bulan lalu karena industri jasa yang dominan memanfaatkan pelonggaran pembatasan COVID-19 lebih lanjut, mengimbangi pertumbuhan output manufaktur yang hampir terhenti, sebuah survei menunjukkan pada hari Rabu.

Purchasing Managers' Index (PMI) komposit akhir S&P Global (NYSE: SPGI ), dilihat sebagai ukuran kesehatan ekonomi yang baik, naik menjadi 55,8 pada April dari 54,9 pada Maret, sesuai dengan perkiraan awal. Apa pun di atas 50 menunjukkan pertumbuhan.

"Ekonomi zona euro telah menunjukkan ketahanan yang mengejutkan dalam menghadapi perang Ukraina-Rusia, berkat ledakan baru aktivitas sektor jasa karena langkah-langkah penahanan virus lebih longgar selama April," kata analis.

PMI untuk industri jasa melonjak ke 57,7 bulan lalu dari 55,6, angka tertinggi sejak Agustus. Itu terjadi setelah PMI pabrik untuk wilayah tersebut jatuh ke level terendah 15-bulan di 55,5 pada April, survei saudara menunjukkan pada hari Senin.

Dengan pembatasan untuk menahan pelonggaran virus corona dan kehidupan kembali ke beberapa bentuk normal, optimisme meningkat dan sub-indeks ekspektasi bisnis jasa naik menjadi 62,3 dari 60,8.

Tetapi perusahaan masih menghadapi biaya yang melonjak dan memberikan sebagian beban itu kepada konsumen, sehingga indeks harga output gabungan melonjak menjadi 68,5 dari 65,7, sejauh ini merupakan angka tertinggi sejak S&P Global mulai mengumpulkan data pada akhir 2002.

Itu kemungkinan akan meningkatkan taruhan Bank Sentral Eropa akan memperketat kebijakan karena inflasi dalam mata uang serikat adalah 7,5% bulan lalu, tanggal resmi awal menunjukkan minggu lalu, hampir empat kali target 2% ECB.

"Kombinasi profil pertumbuhan yang lebih kuat untuk kuartal kedua dan percepatan inflasi yang terus-menerus ditunjukkan oleh survei akan menambah spekulasi bahwa ECB bisa mulai menaikkan suku bunga segera setelah pertemuan Juli," kata analis.

ECB diperkirakan akan menaikkan suku bunga deposito sebelum akhir tahun, jajak pendapat Reuters menunjukkan bulan lalu.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik