Jelang NFP: Pertumbuhan Pekerjaan AS Kemungkinan Meningkat Pada Bulan Mei, Kekurangan Pekerja Masih Menjadi Tantangan

04/06/2021, 11:15

Pertumbuhan lapangan kerja AS kemungkinan meningkat pada Mei karena vaksinasi meredakan cengkeraman pandemi pada ekonomi, tetapi perusahaan menghadapi kesulitan perekrutan, dengan jutaan orang Amerika yang menganggur di rumah karena masalah pengasuhan anak dan cek pengangguran yang murah hati, membuka peluang untuk yang lain. kekecewaan dalam penciptaan lapangan kerja.

Laporan ketenagakerjaan yang diawasi ketat Departemen Tenaga Kerja pada hari Jumat dapat menawarkan jaminan bahwa pemulihan dari resesi pandemi berada di jalurnya setelah kekurangan pekerja juga disalahkan pada kekhawatiran yang berlarut-larut atas COVID-19 yang secara tajam menahan pertumbuhan lapangan kerja pada bulan April, yang menghasilkan sekitar seperempat dari pekerjaan baru. ekonom telah memperkirakan.

Perekrutan yang lebih lambat menimbulkan perdebatan di antara beberapa ekonom bahwa pertumbuhan mengalami stagnasi pada saat inflasi meningkat.

"Dengan dibukanya kembali ekonomi, kita akan melihat pertumbuhan pekerjaan yang sangat kuat. Keterbatasan pasokan memang bermasalah, tetapi itu tidak berarti itu akan mencegah ekonomi untuk terus pulih. AS tidak mengalami stagflasi dan tidak akan selama beberapa tahun ke depan." kata analis.

Menurut survei ekonom, nonfarm payrolls kemungkinan meningkat 650.000 pekerjaan bulan lalu setelah naik hanya 266.000 di bulan April. Itu akan membuat lapangan kerja sekitar 7,6 juta pekerjaan di bawah puncaknya pada Februari 2020.

Perkiraan dalam survei berkisar dari serendah 400.000 hingga setinggi satu juta pekerjaan. Peningkatan lapangan kerja rata-rata mencapai 451.000 pekerjaan per bulan tahun ini, didukung oleh stimulus fiskal besar-besaran serta peningkatan kesehatan masyarakat.

Tingkat pengangguran kemungkinan turun menjadi 5,9% dari 6,1% pada April. Tingkat pengangguran telah diremehkan oleh orang-orang yang salah mengklasifikasikan diri mereka sebagai "bekerja tetapi tidak bekerja."

Setidaknya setengah dari populasi Amerika telah divaksinasi penuh terhadap COVID-19, menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Itu telah memungkinkan pihak berwenang di seluruh negeri untuk mencabut pembatasan terkait virus pada bisnis, yang hampir melumpuhkan ekonomi di awal pandemi. Tetapi pembukaan kembali ekonomi membebani rantai pasokan, membatasi kapasitas produksi di pabrik-pabrik serta di industri jasa.

Ada rekor 8,1 juta lowongan pekerjaan. Jutaan pekerja, kebanyakan perempuan, tetap tinggal di rumah karena sebagian besar distrik sekolah belum beralih ke pembelajaran tatap muka penuh waktu. Meskipun vaksin dapat diakses secara luas, beberapa segmen populasi enggan disuntik, yang menurut pakar pasar tenaga kerja membuat beberapa orang enggan kembali bekerja.

Tunjangan yang didanai pemerintah, termasuk subsidi pengangguran mingguan $300, juga membatasi perekrutan. Gubernur Partai Republik di 25 negara bagian menghentikan tunjangan ini dan program pengangguran lainnya yang didanai oleh pemerintah federal untuk penduduk mulai Sabtu depan.

UPAH NAIK

Negara-negara bagian ini menyumbang lebih dari 40% tenaga kerja. Manfaat yang diperluas akan berakhir pada awal September di seluruh negeri. Dengan bisnis di seluruh industri melaporkan kesulitan menemukan pekerja, penggajian Mei bisa mengecewakan.

Laporan "Beige Book" Federal Reserve tentang informasi anekdotal tentang aktivitas bisnis yang dikumpulkan dari kontak nasional pada atau sebelum 25 Mei, menunjukkan pada hari Rabu bahwa "masih sulit bagi banyak perusahaan untuk mempekerjakan pekerja baru, terutama pekerja berupah rendah per jam, pengemudi truk, dan pedagang yang terampil.” Ukuran Institute for Supply Management dari pekerjaan industri manufaktur dan jasa turun bulan lalu.

Meskipun aplikasi pertama kali untuk tunjangan pengangguran turun di bawah 500.000 pada pertengahan Mei, jumlah orang di daftar pengangguran negara hampir tidak bergerak. Sebuah survei dari NFIB pada hari Kamis menunjukkan rekor 48% pemilik usaha kecil melaporkan lowongan pekerjaan yang tidak terisi pada bulan Mei.

Tetapi pertumbuhan pekerjaan juga bisa melebihi harapan. Rumah tangga sangat optimis tentang pasar tenaga kerja di bulan Mei. Laporan ketenagakerjaan ADP Nasional pada hari Kamis menunjukkan perusahaan swasta mempekerjakan pekerja terbanyak dalam 11 bulan di bulan Mei. Laporan ADP, bagaimanapun, memiliki rekam jejak yang buruk dalam memprediksi jumlah gaji swasta dalam laporan ketenagakerjaan Departemen Tenaga Kerja.

"Pertanyaan kritis dalam laporan ketenagakerjaan adalah berapa banyak pekerja yang berhasil ditarik kembali oleh pengusaha untuk kembali bekerja bulan lalu dan berapa banyak yang harus mereka naikkan untuk mencapai ini," kata analis.

Penghasilan per jam rata-rata diperkirakan naik 0,2% setelah melonjak 0,7% pada bulan April. Itu akan mengangkat kenaikan upah tahun-ke-tahun menjadi 1,6% dari 0,3% pada April. Ada bukti anekdotal bahwa perusahaan, termasuk restoran, menaikkan upah untuk menarik dan mempertahankan pekerja.

Postingan di Poachedjobs.com, dewan pekerjaan nasional untuk industri restoran/perhotelan, menunjukkan restoran menawarkan sebanyak $30-$35 per jam untuk juru masak lini depan.

Pertumbuhan upah yang berkelanjutan dapat memperkuat argumen di antara beberapa ekonom bahwa inflasi yang lebih tinggi dapat bertahan lebih lama daripada bersifat sementara seperti yang saat ini dibayangkan oleh Ketua Fed Jerome Powell. Pemerintah melaporkan Jumat lalu bahwa ukuran inflasi yang mendasari dilacak oleh Fed untuk target 2% dipercepat 3,1% pada basis tahun-ke-tahun di bulan April, peningkatan terbesar sejak Juli 1992.

Namun, sebagian besar ekonom tidak mengharapkan bank sentral AS untuk mulai menarik dukungan besar-besaran yang telah ditawarkannya kepada perekonomian dalam waktu dekat.

"The Fed kemungkinan akan bersedia untuk keluar dari badai itu, tetapi itu bisa menjadi periode yang sangat menegangkan bagi otoritas moneter," kata analis.

Minggu kerja rata-rata kemungkinan tetap tinggi 35 jam. Dengan lebih banyak orang yang divaksinasi dan sekolah dibuka kembali sepenuhnya pada musim gugur, kelangkaan pekerja akan berkurang pada bulan September.

NFP

Promosi

Scroll ke atas
bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading