Finex
MT Haryono Street No.Kav. 2-3, RT.1 RW.6 12810 Jakarta, ID
021-50101569, 021-50101046
>Saham Menguat Karena Prospek Pemulihan AS Tetapi Dolar Berhenti Sejenak

Saham Menguat Karena Prospek Pemulihan AS Tetapi Dolar Berhenti Sejenak

06/04/2021, 10:20

Pasar saham Asia naik pada hari Selasa karena kumpulan data ekonomi AS yang kuat lainnya mendukung prospek global, sementara pasar mata uang dan obligasi berhenti sejenak setelah sebulan kenaikan cepat dalam dolar dan imbal hasil Treasury AS.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang naik 0,4% ke level tertinggi dua minggu, sementara Nikkei Tokyo berada di dekat level tertinggi dua minggu. Dow dan S&P 500 telah ditutup pada rekor puncaknya pada hari Senin.

Semalam, menyusul laporan pekerjaan besar-besaran pada Jumat Agung, data Maret menunjukkan ukuran aktivitas jasa AS mencapai rekor tertinggi sementara pada saat yang sama pasar mendukung program pengeluaran pemerintah sebesar $ 2 triliun.

"Secara agregat, ini bagus untuk ekonomi global dan oleh karena itu itu adalah pembenaran untuk pindah ke pasangan FX yang lebih sensitif terhadap siklus dan untuk membeli saham secara umum," kata analis.

"Imbal hasil belum banyak bergerak dan saham teknologi telah mengungguli," katanya. Di Asia, pembuat chip mendorong indeks patokan Taiwan naik 1% ke rekor puncak dan kenaikan luas mengangkat ASX 200 Australia ke level tertinggi tujuh minggu.

The Shanghai Composite stabil, sementara sisa-sisa pasar saham Hong Kong ditutup untuk liburan.

Pasar Eropa, yang telah ditutup sejak penutupan Kamis, juga siap untuk keuntungan dengan kontrak berjangka DAX naik 1,2%, EuroSTOXX 50 berjangka 1% lebih tinggi dan FTSE berjangka naik 0,8%. S&P 500 berjangka stabil.

Hasil benchmark Treasury AS 10-tahun stabil di New York, dan di Asia pada Selasa turun dua basis poin menjadi 1,6860%. Dolar AS bertahan di $ 1,1810 per euro setelah membukukan penurunan tertajam dalam beberapa minggu semalam.

"Mempertimbangkan kekuatan arus berita ekonomi AS sejak kami berhenti pada hari Kamis untuk liburan Paskah, kejutannya ... adalah bahwa imbal hasil obligasi AS lebih rendah daripada di pertengahan minggu lalu dan dolar melemah," kata analis.

Dolar merangkak sedikit lebih tinggi pada yen pada hari Selasa menjadi 110,25 dan secara luas stabil di tempat lain. Dolar Australia bertahan di $ 0,7647 menjelang keputusan kebijakan Reserve Bank of Australia yang dijadwalkan pada 11.30 WIB.

Kemunduran imbal hasil dan greenback mengikuti kenaikan besar selama kuartal pertama, dengan kenaikan 83 basis poin dalam 10 tahun menghasilkan keuntungan kuartalan terbesar dalam belasan tahun dan kenaikan 3,6% dalam indeks dolar yang paling tajam sejak 2018.

Itu sebagian besar didorong oleh investor yang bertaruh pada Amerika Serikat yang memimpin pemulihan global dan memaksa Federal Reserve AS untuk menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diharapkan.

Risalah Fed dari pertemuan Maret akan dirilis pada hari Rabu, meskipun mereka tidak akan membahas kejutan data terbaru.

Pasar Dana Fed telah memperkirakan kenaikan suku bunga penuh pada akhir 2022 sementara pasar eurodolar menetapkan harga pada Desember.

"Yang perlu diuji adalah bagaimana Fed memperkuat dan meyakinkan kebijakan target inflasi rata-rata yang fleksibel," kata analis.

"Pergerakan dolar beberapa minggu terakhir mencerminkan pasar bergerak maju meskipun apa yang dikatakan Fed," tambahnya.

Goyangan dolar semalam membantu harga minyak lebih tinggi dan minyak mentah berjangka Brent naik 1,2% menjadi $ 62,91 per barel sementara minyak mentah AS naik dengan margin yang sama menjadi $ 59,35 per barel. Emas ditempelkan pada 0,3% menjadi $ 1.733 per ounce.

bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading