Forex Hari Ini, 9 Mei

09/05/2023, 16:40

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Selasa, 9 Mei:

Dolar AS berhasil bertahan pada hari perdagangan kedua minggu ini dengan Indeks Dolar AS merayap lebih tinggi setelah ditutup sedikit lebih tinggi pada hari Selasa. Agenda ekonomi AS akan menampilkan Indeks Optimisme Bisnis NFIB dan Indeks Optimisme Ekonomi IBD/TIPP di kemudian hari. Pelaku pasar akan terus memperhatikan komentar dari pejabat bank sentral karena tidak adanya rilis data tingkat tinggi.

Sikap pasar yang berhati-hati, sebagaimana tercermin dari kinerja beragam dalam indeks utama Wall Street, dan rebound yang terlihat pada imbal hasil obligasi Treasury AS membantu Dolar AS tetap tangguh terhadap rival utamanya pada hari Senin. Pada akhir sesi Amerika, Survei Opini Pejabat Pinjaman Senior Federal Reserve (Fed) AS menunjukkan bahwa responden survei melaporkan, secara seimbang, standar yang lebih ketat dan permintaan yang lebih lemah untuk pinjaman komersial dan industri (K&I) ke perusahaan pasar besar dan menengah, juga sebagai perusahaan kecil, selama kuartal pertama.

Pada jam perdagangan Asia pada hari Selasa, data dari China mengungkapkan bahwa surplus perdagangan melebar menjadi $90,2 miliar pada bulan April dari $88,19 miliar pada bulan Maret. Pembacaan ini melampaui ekspektasi pasar sebesar $71,6 miliar dengan selisih yang lebar. Sementara itu, Penjualan Ritel di Australia mengalami kontraksi sebesar 0,6% pada kuartal pertama, dibandingkan perkiraan analis yang turun sebesar 0,4%. Menyusul rilis data ini, AUD/USD tetap tertekan dan diperdagangkan di wilayah negatif di sekitar 0,6750 setelah mencapai tertinggi sejak pertengahan April di atas 0,6800.

Menyusul fase konsolidasi di dekat 1,1000 di sesi Asia, EUR/USD mulai melemah di pagi Eropa. Pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) Martins Kazaks mengatakan pada hari Selasa bahwa kenaikan suku bunga mungkin tidak akan selesai pada bulan Juli tetapi komentar ini gagal membantu Euro mengumpulkan kekuatan.

GBP/USD mencatat penurunan kecil pada hari Senin dan mundur ke area 1,2600 Selasa pagi. Setelah akhir pekan tiga hari, Indeks FTSE 100 Inggris dibuka sedikit lebih rendah.

Harga emas berjuang untuk mengumpulkan momentum bullish di tengah kenaikan imbal hasil obligasi AS dan mengakhiri hari hampir tidak berubah pada hari Senin. Selasa pagi, XAU/USD terus berfluktuasi dalam kisaran ketat di sekitar $2.020.

USD/JPY melanjutkan pergerakan sideways di dekat 135,00 pada hari Selasa. Gubernur Bank of Japan (BoJ) Kazuo Ueda mengatakan pada hari sebelumnya bahwa dampak dari kegagalan bank AS dan Eropa baru-baru ini pada sistem keuangan Jepang kemungkinan terbatas.

Bitcoin kehilangan hampir 3% dan menembus di bawah $28.000 pada hari Senin. BTC/USD relatif tenang pada Selasa pagi dan diperdagangkan di atas $27.500. Ethereum ditutup di wilayah negatif untuk hari ketiga berturut-turut dan mendekati $1.800 sebelum memasuki fase konsolidasi pada hari Selasa.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman