Bantuan

Preview Jelang Pertemuan ECB

09/06/2022, 12:05

ECB akan mengumumkan akhir dari program QE dan memberi sinyal kenaikan suku bunga pada bulan Juli. Tanpa menunjukkan peningkatan dosis ganda untuk biaya pinjaman, euro bisa jatuh. Perkiraan inflasi yang meningkat kemungkinan akan gagal untuk mengangkat euro jika proyeksi pertumbuhan diturunkan.

Inflasi tinggi dan kenaikan suku bunga akan datang – kita hanya perlu menunggu sampai pertemuan berikutnya. Bergerak lambat adalah sifat benua lama dan keinginan Bank Sentral Eropa untuk mempertahankan kredibilitasnya. Lembaga yang berbasis di Frankfurt itu bersumpah untuk mengakhiri pembelian obligasi sebelum menaikkan suku bunga, dan konsistensi komunikasi berarti prediktabilitas. Bagi saya, itu menyiratkan serangkaian hasil EUR/USD yang relatif dapat diprediksi.

Inflasi Ada di Sini

ECB terakhir meningkatkan biaya pinjaman pada tahun 2011, ketika harga yang lebih tinggi mendorong inflasi melampaui target "2% atau mendekati 2%", dan Presiden Jean-Claude Trichet memutuskan untuk bertindak dengan "kewaspadaan yang kuat." Itu adalah bencana total. Zona Euro memasuki resesi kedua dan para pengambil kebijakan sejak itu harus menemukan alat baru untuk mencegah deflasi.

Sebelas tahun berlalu, dan dunia telah berubah secara material. Inflasi utama Zona Euro telah mencapai 8,1% YoY di bulan Mei, mirip dengan level AS. Dan sementara harga energi terkait Rusia dan masalah rantai pasokan bertanggung jawab atas sebagian besar kenaikan ini, harga inti juga meningkat di benua lama. Ini mencapai 3,8% tahunan di bulan Mei.

Fakta bahwa inflasi yang mendasarinya di bawah 4% di benua lama dan 6% di Amerika merupakan cerminan dari pertumbuhan upah yang lebih lambat di Eropa dan juga batasan ECB – harga energi yang lebih tinggi telah membatasi pengeluaran konsumen untuk barang-barang lainnya. Jika biaya tinggi sudah menyembuhkan harga tinggi, ada batasan untuk apa yang perlu dilakukan bank sentral untuk melawan inflasi.

Harga di stasiun pengisian bahan bakar dan juga pada tagihan gas pemanas bulanan – dan ketergantungan industri Jerman pada gas Rusia – berdampak pada perekonomian.

Oleh karena itu, lembaga yang berbasis di Frankfurt ini memiliki jendela kecil untuk bertindak guna menaikkan suku bunga. Orang-orang masih ingin bepergian setelah lockdown pandemi, seperti yang ditunjukkan oleh melonjaknya harga tiket pesawat musim panas, tetapi apa yang terjadi selanjutnya tidak pasti.

Menaikkan suku bunga deposito dari -0,50% akan memberi ruang bagi ECB untuk memotongnya kembali jika situasinya memburuk, dan juga akan berhenti menghukum bank komersial yang menyimpan uang di Frankfurt.

Mari kita lihat skenario apa yang bisa kita harapkan.

1) Kenaikan Instan Tidak Mungkin

Terlepas dari jendela sempit untuk bertindak, desakan ECB pada konsistensi komunikasi berarti hanya diharapkan untuk mengumumkan akhir dari pembelian obligasi pada bulan Juli, dan sebelum mengumumkan kenaikan suku bunga dalam pertemuan mendatang, juga bulan depan.

Ada kemungkinan kecil bahwa 'elang' akan meyakinkan Presiden ECB Christine Lagarde dan 'merpati' lainnya untuk mempercepat proses dan menaikkan suku bunga sekarang. Dalam skenario yang sangat tidak mungkin itu, EUR/USD akan langsung melonjak pada pergerakan spontan, tetapi juga bisa turun secepat itu. Seperti yang ditunjukkan oleh pengalaman kita baru-baru ini dengan RBA,

Jika investor melihat pergerakan cepat seperti itu hanya sebagai front-loading pergerakan masa depan – dan bahkan sebagai "suku bunga yang lebih tinggi sekarang, lebih rendah dalam jangka panjang" – setiap rally EUR/USD akan berumur pendek. Itu bahkan akan berubah menjadi peluang jual.

2) Sinyal 25 bp Sangat Mungkin untuk bulan Juli

Presiden ECB Lagarde tampaknya telah membuang bahasa abstraknya dalam beberapa bulan terakhir, memilih pesan yang lebih jelas. Langkah yang disukainya adalah menaikkan suku bunga sebesar 25 bp pada bulan Juli dan kemudian langkah lain seperti itu pada bulan September, sehingga suku bunga deposito menjadi 0%. Kemudian, dia memperkirakan peningkatan lebih lanjut – tetapi itu harus menunggu waktu yang tepat.

Jika dia memang mengulangi pesan tersebut, kali ini dalam lingkungan penetapan suku bunga resmi dan juga berdasarkan diskusi dan perkiraan, saya memperkirakan EUR/USD akan turun. Itu akan menjadi tanggapan "beli rumor, jual fakta". Harga mata uang umum memiliki pergerakan seperti itu sepenuhnya.

3) Membuka Peluang untuk Pergerakan 50 bp

Skenario lain yang tidak dapat dikesampingkan adalah Lagarde membiarkan peluang terbuka hingga kenaikan 50 bs, bahkan segera setelah Juli. Hasil seperti itu bisa menjadi hasil dari perkiraan baru yang disusun setelah data inflasi terbaru. Jika Lagarde mengatakan opsi seperti itu memungkinkan dan tergantung pada data, Euro akan memiliki ruang untuk naik.

Pada gilirannya, nilai tukar yang lebih kuat juga akan membantu menekan biaya barang-barang impor, sehingga membantu mengurangi inflasi. Selain itu, ketidakpastian atas seberapa banyak yang dapat dilakukan ECB pada bulan Juli dan seterusnya juga akan menambah spekulasi, semakin meningkatkan euro setelah keadaan tenang pasca keputusan ECB.

4) Membuka Peluang dan Tidak Ada Batas Bawah ke Depan

Salah satu peringatan atas kebijakan terbukanya peluang perkiraan ECB. Beberapa pejabat telah mengisyaratkan bahwa proyeksi pertumbuhan PDB dapat dipangkas dalam pertemuan mendatang, sebagai akibat dari perang, lockdown terkait Covid di Tiongkok, dan ketidakpastian terhadap ruang lingkup pemulihan.

Jika ECB mengatakan akan naik 25 bp atau 50 bp tetapi memangkas ekspektasi pertumbuhannya, investor kemungkinan akan berbuat salah di sisi proyeksi yang suram. Jika Zona Euro diperkirakan akan berkembang pada tingkat yang lebih lambat, begitu juga inflasi – mengurangi tekanan pada ECB untuk bertindak.

Dalam skenario seperti itu, EUR/USD kemungkinan akan mengakhiri hari lebih rendah, karena mata uang menyelaraskan dirinya dengan perkiraan yang lebih suram daripada dengan harapan untuk kebijakan hawkish.

Kesimpulan

ECB kemungkinan besar akan memilih apa yang sudah diisyaratkannya – kenaikan 25 bp pada bulan Juli. Konsistensi komunikasi berarti "beli rumor, jual fakta." Namun, skenario lain tidak dapat dikesampingkan. Dunia bergerak jauh lebih cepat dan bahkan benua tua beradaptasi dengan keadaan yang terus berubah.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik