Permintaan Meningkat, Minyak Naik

11/10/2021, 11:10

Harga minyak naik pada hari Senin, memperpanjang kenaikan multi-minggu, di tengah pembatasan pasokan dari produsen utama dan meningkatnya permintaan bahan bakar karena ekonomi berusaha pulih dari pandemi virus corona.

Minyak mentah Brent naik 1.43% menjadi $83,58 per barel pada 10.00 WIB, setelah naik hampir 4% minggu lalu. Minyak AS naik 1,88$ menjadi $ 80,84 per barel, tertinggi sejak akhir 2014. Minyak mentah AS naik 4,6% hingga Jumat.

Harga telah naik karena lebih banyak populasi yang divaksinasi dikeluarkan dari penguncian dan memicu aktivitas ekonomi, dengan Brent naik selama lima minggu dan minyak mentah AS selama tujuh minggu.

Harga batu bara dan gas juga telah melonjak karena pemulihan ekonomi, membuat minyak lebih menarik sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik, mendorong pasar minyak mentah lebih tinggi.

Tetapi dengan persediaan di AS mulai meningkat lagi setelah penarikan baru-baru ini, harga minyak mungkin mulai goyah.

"Kami pikir harga minyak mentah akan berjuang untuk naik jauh lebih tinggi pada kuartal ini dan masih memperkirakannya akan turun secara bertahap tahun depan," kata analis dalam sebuah catatan.

Persediaan minyak mentah AS naik untuk periode pelaporan kedua berturut-turut pekan lalu karena lebih banyak produksi kembali setelah penutupan yang diperpanjang karena badai.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, bersama-sama disebut OPEC+, pekan lalu memutuskan untuk mempertahankan peningkatan produksi yang stabil dan bertahap.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading