>Jelang Voting Parlemen Inggris, Poundsterling Melonjak Lebih Dari 1,0%

Jelang Voting Parlemen Inggris, Poundsterling Melonjak Lebih Dari 1,0%

Jelang Voting Parlemen Inggris, Poundsterling Melonjak Lebih Dari 1,0%

Awan cerah dari Parlemen Inggris terkait Brexit hari ini membawa poundsterling menguat pesat, berkat pernyataan Kanselir Jerman Angela Merkel soal penawaran penting dari Uni Eropa (UE) untuk Inggris.

Penawaran yang diajukan oleh pejabat eksekutif Komisi UE tersebut kemungkinan akan dapat menyelesaikan kebuntuan yang saat ini masih menghambat proses Brexit. Khususnya masalah perbatasan Irlandia.

Sambutan antusias Merkel dari berbagai saran yang telah disusun Presiden Komisi Uni Eropa, Jean Claude Juncker dan Kepala Negosiator Uni Eropa Michael Barnier sepekan lalu, guna mencapai hasil "Backstop Plan" Inggris. Menurut Merkel, penawaran UEkali ini sangat penting, tinggal bagaimana Inggris menanggapinya.

Pelaku pasar akan terfokus terhadap Parlemen Inggris pekan ini, dimana akan melakukan voting. Asumsi pasar terhadap pernyataan Merkel bisa dijadikan sinyalemen konsesi dari UE. Oleh karena itu, mata uang poundsterling berhasil rebound dari kejatuhan selama 7 sesi perdagangan secara beruntun, dan menjadi penurunan terpanjang sejak Agustus lalu. 

note : untuk waktu voting parlemen Inggris dijadwalkan malam hari, untuk waktu pastinya tidak diketahui.

 

Kembali ke berita awal