Finex
MT Haryono Street No.Kav. 2-3, RT.1 RW.6 12810 Jakarta, ID
021-50101569, 021-50101046
>Lagarde ECB Berpegang Pada Pandangan Optimis Dalam Menghadapi Penguncian Baru

Lagarde ECB Berpegang Pada Pandangan Optimis Dalam Menghadapi Penguncian Baru

13/01/2021, 18:15

Ekonomi zona euro masih akan pulih tahun ini asalkan langkah-langkah penguncian untuk mengekang pandemi virus korona dicabut pada akhir Maret dan vaksin didistribusikan, Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde mengatakan pada hari Rabu.

Hanya bulan lalu, ECB memperkirakan pertumbuhan ekonomi 3,9% tahun ini di blok 19 negara yang berbagi euro, dengan asumsi pandemi berakhir secara bertahap.

Tetapi kasus COVID-19 yang muncul kembali dan pembatasan yang semakin meluas untuk pergerakan dan aktivitas di negara-negara termasuk Jerman dan Prancis, bersama dengan peluncuran vaksin yang lambat, sudah menantang pandangan itu, hanya dua minggu setelah tahun 2021.

Lagarde tetap berpegang pada perkiraan ECB pada hari Rabu, bagaimanapun, mengatakan mereka memasukkan beberapa batasan.

"Saya pikir proyeksi terakhir kami pada Desember masih sangat masuk akal," kata Lagarde dalam wawancara di konferensi Reuters Next. "Perkiraan kami didasarkan pada tindakan penguncian hingga akhir kuartal pertama."

ECB mengatakan pada 10 Desember bahwa prakiraannya mengasumsikan tingkat kekebalan kelompok yang "cukup" akan tercapai sebelum akhir tahun 2021.

Lagarde mengakui bahwa vaksinasi dini telah "melelahkan" dan itu merupakan risiko yang harus diwaspadai.

"Yang akan menjadi perhatian adalah setelah akhir Maret negara-negara anggota tersebut masih perlu melakukan tindakan lockdown dan jika, misalnya, program vaksinasi dilambatkan," tambahnya.

Ekonom sektor swasta sudah memangkas proyeksi pertumbuhan mereka, dengan Bank of America sekarang memprediksi ekspansi 2,9% - persentase poin penuh di bawah perkiraan sebelumnya.

Untuk mendukung zona euro, ECB telah memperpanjang kebijakan ultra-mudah hingga 2022, tetapi dengan biaya pinjaman yang sudah mencapai rekor terendah dan jauh ke wilayah negatif di beberapa negara zona euro, kekuatan stimulus yang tersisa terbatas.

Lagarde mengatakan ECB dapat memperluas program stimulus pembelian obligasi lagi jika diperlukan, tetapi mungkin juga menahan diri dari menggunakan seluruh 1,850 triliun euro ($ 2,25 triliun) amplop yang telah dialokasikan untuk pembelian jika krisis berlalu.

bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading