Finex
MT Haryono Street No.Kav. 2-3, RT.1 RW.6 12810 Jakarta, ID
021-50101569, 021-50101046
>Harga Emas Makin Turun, Pasar Tunggu Pernyataan Biden soal Stimulus

Harga Emas Makin Turun, Pasar Tunggu Pernyataan Biden soal Stimulus

14/01/2021, 15:30

Harga emas makin turun pada Kamis (14/01) petang dengan investor masih menunggu rincian rencana Presiden terpilih AS Joe Biden mengenai langkah-langkah stimulus lanjutan.

Harga emas berjangka masih turun 0,82% di $1.839,70 per ons pukul 15.30 WIB. Indeks dolar AS turun 0,04% di 90,32.

Dari tanah air, harga emas Antam anjlok Rp10.000 dari Rp965.000 pada Rabu menjadi Rp955.000 pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia pukul 09.15 WIB.

Biden telah menyampaikan akan memberikan langkah-langkah kebijakan yang dapat menghabiskan dana "triliunan" dolar pada hari ini.

"Stimulus fiskal akan membantu mendorong pemulihan ekonomi, yang dapat mendorong ke arah kenaikan suku bunga riil serta memunculkan harapan pengurangan Fed; di sisi lain, itu juga akan meningkatkan prospek inflasi," kata ahli strategi DailyFX Margaret Yang.

Logam kuning akan berjuang di sekitar level harga saat ini karena stimulus akan berdampak positif dan negatif, tambahnya.

Investor juga akan mencari petunjuk lebih lanjut tentang prospek kebijakan moneter AS ketika Ketua Federal Reserve Jerome Powell menyampaikan pandangannya pada acara virtual hari ini. Gubernur Fed Lael Brainard telah menolak saran bahwa Fed dapat mengurangi program pembelian obligasi pada 2021.

Bank sentral AS mengatakan pada hari Rabu bahwa ekonomi AS tumbuh moderat, meskipun Fed mengurangi optimismenya karena jumlah kasus COVID-19 terus meningkat.

"Saya tidak berpikir The Fed serius tentang kebijakan pengurangan dalam waktu dekat, mengingat situasi pandemi dan pemulihan ekonomi yang rapuh, bagaimanapun, petunjuk tentang pengurangan kemungkinan terbuka sedikit lebih panjang akan memicu beberapa kegelisahan di antara para trader emas," kata Yang dari DailyFX.

Sementara itu, investor memantau kisruh politik di AS menjelang peralihan kekuasaan kepada Biden dan pemerintahannya menjabat pada 20 Januari mendatang. Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat AS menggelar voting dengan hasil 232-197 untuk memakzulkan Presiden petahana AS Donald Trump atas tudingan penghasutan mendukung kerusuhan di Capitol Hill selama seminggu terakhir yang menewaskan lima orang dan gedung pun rusak.

Voting tersebut membuka pintu pemakzulan kedua Trump, setelah lebih dari setahun sejak pemungutan suara pertama dilakukan dan menjadikannya presiden AS pertama yang menghadapi dua pemakzulan.

bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading