>Dollar Cetak Level Tertingginya Tahun Ini

Dollar Cetak Level Tertingginya Tahun Ini

Dollar Cetak Level Tertingginya Tahun Ini

Indeks dollar AS mulai menyundul ke level 93, saat pasar merespons kenaikan tertinggi yield obligasi bertenor 10 tahun.

Penutupan kemarin, Indeks dollar menguat 0,60% ke level 93,219. Sementara itu pada penutupan perdagangan 14 Mei, indeks dolar AS tercatat menguat 0,05% ke level 92,587.

Posisi indeks dollar yang menginjak level 93 merupakan tingkat tertinggi pada tahun ini. Indeks menggambarkan posisi dollar terhadap sejumlah mata uang utama lainnya.

Sementara itu dari data Bloomberg mengemukakan, level tertinggi pada tahun lalu mencapai angka 98 yang terjadi pada 16 Mei 2017.

Imbal hasil obligasi yang menguat dan kekhawatiran geopolitik yang meningkat disebut menjadi sentimen utama penguatan indeks dollar. Imbal hasil obligasi AS bertenor 10 tahun melompat ke level tertinggi sejak Juli 2011. Ini menunjukkan kenaikan inflasi dan mendorong indeks dolar AS ke level tertinggi dalam 2018. Sentimen itu meningkatkan harapan the Federal Reserve atau bank sentral AS akan menaikkan suku bunga.

Sementara itu, pasar juga mengamati momentum pertemuan AS dan China terkait perselisihan perdagangan.

Peningkatan kekerasan di Timur Tengah dan adanya berita Korea Utara menunda KTT dengan Korea Selatan yang dijadwalkan pada hari ini juga membebani sentimen.

Sentimen lain dipengaruhi rilisan data ekonomi yaitu penjualan ritel pada April naik 0,4% sepanjang Maret. Hal itu didorong belanja konsumen lebih cepat usai melambat pada kuartal I. Penjualan ritel itu tidak termasuk bensin, mobil, bahan bangunan dan layanan makanan.

 

Kembali ke berita awal