Tingkat Pengangguran Australia Turun!

19/08/2021, 15:40

Tingkat pengangguran Australia secara tak terduga turun lebih jauh karena penurunan jam kerja dan lebih sedikit orang yang mencari pekerjaan meredam pukulan dari penguncian Sydney sebagai tanggapan terhadap wabah varian delta virus corona.

Tingkat pengangguran turun menjadi 4,6% pada Juli, dibandingkan dengan perkiraan ekonom untuk naik menjadi 5%, data Biro Statistik Australia menunjukkan Kamis. Ekonomi menambahkan 2.200 posisi, dibandingkan perkiraan penurunan 43.100, sementara tingkat partisipasi turun menjadi 66%.

"Perubahan pasar tenaga kerja di New South Wales antara Juni dan Juli memiliki pengaruh besar pada angka nasional," analis mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Ada penurunan besar di New South Wales baik dalam pekerjaan dan pengangguran, dengan angkatan kerja berkurang sekitar 64.000 orang. Selain itu, jam kerja di New South Wales turun 7%.”

Dolar Australia beringsut lebih rendah dan diperdagangkan pada 72,17 sen AS pada 12:06 di Sydney. 

Ketahanan tidak mungkin bertahan karena wabah virus corona telah muncul di sepanjang pantai timur, memaksa penguncian dan pembatasan aktivitas di wilayah terpadat di Australia. Meski begitu, Reserve Bank berencana untuk melanjutkan pengurangan pembelian obligasi bulan depan, bertaruh ekonomi akan bangkit kembali dari kontraksi yang diharapkan pada kuartal ini.

"Bisnis di sektor perjalanan, perhotelan, dan ritel secara khusus terkena pembatasan perjalanan domestik, yang akan membebani pekerjaan di bulan-bulan mendatang," kata analis. "Secara keseluruhan, lapangan kerja dan PDB ditetapkan untuk mencatat kontraksi substansial pada kuartal September, dan momentum tidak akan kembali sampai target vaksinasi pemerintah tercapai dan pembatasan dapat dikurangi secara material."

Peluncuran vaksin nasional yang lambat adalah hambatan terbesar Australia untuk mengembalikan ekonomi normal dan membuka kembali perbatasan yang ditutup pada awal 2020. 

Pada satu titik di bulan Juli, setengah dari populasi Australia berada di bawah perintah tinggal di rumah ketika Australia Selatan bergabung dengan Victoria dan New South Wales dalam penguncian.

Di antara detail lainnya dalam laporan hari ini:

  • Jam kerja bulanan turun 0,2% di bulan Juli
  • Setengah pengangguran meningkat sebesar 0,4 poin persentase menjadi 8,3%; dan
  • Under-utilization naik 0,1 poin persentase menjadi 12,9%
  • Peran penuh waktu turun 4.200 sementara posisi paruh waktu meningkat 6.400

RBA telah mengatakan akan siap untuk menanggapi berita buruk lebih lanjut di bidang kesehatan, jika hal itu mengarah pada "kemunduran yang lebih signifikan" untuk pemulihan ekonomi. 

Promosi

Scroll ke atas
bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading