Bantuan

Forex Hari Ini, 20 Desember

20/12/2022, 15:45

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Selasa, 20 Desember:

Indeks ekuitas global menderita kerugian besar pada hari Selasa sebagai reaksi terhadap perubahan kebijakan Bank of Japan (BOJ) yang tidak terduga. Imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun naik menuju 3,7% dan indeks saham berjangka AS turun antara 0,6% dan 1%. Kalender ekonomi AS akan menampilkan Izin Bangunan dan Perumahan Baru untuk bulan November. Komisi Eropa akan merilis laporan Keyakinan Konsumen Desember awal di kemudian hari. Investor akan mencermati persepsi risiko dengan tidak adanya rilis data ekonomi makro berdampak tinggi.

Setelah pertemuan kebijakan bulan Desember, BOJ mempertahankan suku bunga kebijakannya tidak berubah di -0,1% dan mempertahankan imbal hasil Obligasi Pemerintah Jepang (JGB) 10 tahun di 0,00% seperti yang diharapkan. BOJ, bagaimanapun, mengumumkan bahwa mereka akan membiarkan imbal hasil JGB 10 tahun berfluktuasi antara -0,5% dan 0,5%, dibandingkan dengan -0,25% dan 0,25% sebelumnya, dan mencatat bahwa mereka akan meninjau operasi pengendalian kurva imbal hasil. Meskipun perkembangan ini dengan sendirinya bukanlah perubahan besar dalam sikap kebijakan BOJ, dampaknya terhadap Yen Jepang signifikan dengan kemungkinan investor menilai langkah kebijakan hawkish dalam waktu dekat.

Saat berbicara pada konferensi pers pasca-pertemuan, Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda menegaskan kembali bahwa mereka tidak akan ragu untuk melonggarkan kebijakan lebih lanjut jika perlu dan mencatat bahwa masih terlalu dini untuk memperdebatkan jalan keluar dari kebijakan moneter saat ini. "Keputusan hari ini tentang kontrol kurva imbal hasil bukanlah jalan keluar dari kontrol kurva imbal hasil atau perubahan kebijakan," Kuroda menjelaskan dan menambahkan bahwa keputusan tersebut dibuat karena kekhawatiran fungsi pasar yang memburuk mengancam pembiayaan korporasi.

Dengan reaksi awal terhadap pengumuman kebijakan BOJ, USD/JPY kehilangan lebih dari 500 pips dari tertinggi harian dan merosot ke level terlemah dalam empat bulan di bawah 133,00. Komentar Gubernur BOJ Kuroda gagal membantu pasangan ini melakukan rebound. Demikian pula, EUR/JPY turun hampir 3% hari ini, diperdagangkan di dekat 141,00 di pagi Eropa.

EUR/USD berfluktuasi dalam kisaran ketat selama jam perdagangan Asia terakhir terlihat diperdagangkan di sekitar 1,0600. 

GBP/USD ditutup hampir tidak berubah pada hari Senin dan memperpanjang pergerakan sideways pada Selasa pagi. Pada saat penulisan, pasangan ini relatif tenang di sekitar 1,2150.

Harga emas berhasil naik lebih tinggi dan merebut kembali $1.790 Selasa pagi meskipun imbal hasil obligasi Treasury AS meningkat.

Menyusul penurunan hari Senin, Bitcoin mendapatkan kembali daya tariknya dan terakhir terlihat naik lebih dari 2% pada hari itu di sekitar $16.800. Ethereum mengumpulkan momentum bullish dan naik di atas $1.200, naik lebih dari 3% setiap hari.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik