Finex
MT Haryono Street No.Kav. 2-3, RT.1 RW.6 12810 Jakarta, ID
021-50101569, 021-50101046
>Sempat Jadi Bulan-bulanan, Harga CPO Berangsur Membaik

Sempat Jadi Bulan-bulanan, Harga CPO Berangsur Membaik

22/02/2021, 13:00

Harga komoditas minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) Malaysia bergerak ke utara hari ini, Senin (22/2/2021). Meskipun mengalami apresiasi, tetapi harga CPO masih berada di level terendahnya dalam satu minggu terakhir.

Harga kontrak futures (berjangka) CPO pengiriman Mei yang aktif diperjualbelikan di Bursa Malaysia Derivatif Exchange menguat 1,93% dibanding posisi penutupan pekan lalu ke RM 3.590/ton.

Kenaikan harga CPO menyusul menguatnya harga minyak mentah di bursa berjangka. Setelah sempat tertekan akibat aksi ambil untung para trader, harga si emas hitam lanjut menguat.

CPO merupakan salah satu bahan baku untuk pembuatan biodiesel yang menjadi bahan bakar alternatif minyak. Kenaikan harga minyak mentah membuat penggunaan minyak nabati seperti CPO menjadi semakin menarik untuk produksi biodiesel seiring dengan semakin maraknya tren kebijakan bauran energi yang ramah lingkungan.

Namun masih ada faktor yang membuat penguatan hargaCPO tertahan. Faktor tersebut adalah kenaikan stok.

AmSpec, perusahaan inspeksi independen, mencatat ekspor CPO Malaysia pada 1-20 Februari 2021 mencapai 697.794 ton. Melonjak 10,3% dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya.

Harga CPO yang lebih rendah juga berguna untuk menarik calon pembeli. Pasalnya, negara konsumen CPO utama seperti India masih dilanda kelesuan ekonomi. Harga yang lebih murah menjadi sarana untuk mendongkrak permintaan.

"Kondisi di pasar utama CPO belum pulih. Jika produksi masih tinggi, maka harga harus diturunkan untuk mendorong permintaan,"kata Anilkumar Bagani, Kepala Riset Sunvin Group yang berbasis di Mumbai.

bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading