Bantuan

Preview Jelang Pertemuan SNB

22/09/2022, 13:55

Swiss National Bank akan menaikkan suku bunga sebesar 75 bps menjadi +0,25% pada bulan September. Penghindaran inflasi, kelangkaan pertemuan dan mengejar bank lain menyiratkan langkah yang lebih besar. Komentar tentang nilai tukar juga akan diperhatikan. Franc diatur untuk mendapatkan kekuatan di seluruh papan, dan secara tidak langsung berdampak pada pound.

wedia telah melakukannya, dan begitu juga Swiss – ukuran empat kali lipat, 100 bps tidak dapat dikesampingkan, dan itu bisa mengguncang pasar. Ekonom mengharapkan Swiss National Bank (SNB) menaikkan suku bunga dari -0,25% menjadi 0,50%, tetapi saya akan berdebat mengapa saya pikir mereka bisa melangkah lebih jauh.

Empat alasan untuk menjadi besar

Tempat pertama untuk mencari ekspektasi tinggi adalah inflasi, yang telah naik ke level tertinggi dalam lebih dari satu dekade – namun alasan yang jelas bukanlah yang sebenarnya:
1) Tekanan terkait inflasi: Grafik terlihat mengesankan, tetapi inflasi di Swiss hanya 3,5% YoY. Ya, itu adalah inflasi utama, bukan inti. Di zona euro , yang mengelilingi negara di Pegunungan Alpen, Indeks Harga Konsumen sekitar 9%, dan di Inggris baru saja turun di bawah 10%.

Namun demikian, Swiss menolak kenaikan harga, dan karena bank adalah milik publik, para bankir perlu mendengarkan. Pemerintah mempengaruhi SNB dengan cara lain – dengan menerbitkan perkiraan yang diperbarui. Itu menambah tekanan pada SNB.

2) Perang mata uang: Tetangga, dekat dan jauh, adalah alasan bagus untuk menaikkan suku bunga. Sebagai bagian dari upaya bank sentral untuk menekan inflasi, mereka perlu menjaga mata uang mereka tetap kuat, menurunkan biaya barang impor seperti energi. Melemahnya mata uang adalah nama permainan di dekade sebelumnya – sekarang sebaliknya.

Pejabat di Bank Sentral Eropa telah keluar dalam paduan suara, menyerukan kenaikan suku bunga lebih lanjut. Dan sementara ekonomi Swedia relatif kecil, keputusan Stockholm dapat menunjukkan jalan ke depan bagi bank sentral lainnya.

SNB mengumumkan keputusannya kurang dari sehari setelah Federal Reserve AS mengumumkan keputusannya. Pesan hawkish dari Ketua Fed Jerome Powell juga dapat meyakinkan pembuat kebijakan di Swiss untuk mendorong amplop.

3) Ruang untuk berlari dan mengejutkan: SNB memiliki lebih banyak hal yang harus dilakukan – tingkat negatif saat ini berarti kebijakan SNB masih sangat longgar. Saatnya pindah gigi.

elain itu, Ketua SNB Thomas Jordan tidak takut dengan pasar yang mengejutkan. Dia mengejutkan investor dengan kenaikan 50 bps pada Juni. Itu datang tiba-tiba. Kembali pada tahun 2015, ia meninggalkan pasak EUR/CHF bank, menghancurkan broker forex .

4) Kelangkaan keputusan suku bunga: Sebagian besar bank sentral mengumumkan keputusan suku bunga delapan kali setahun, atau kira-kira setiap enam minggu. Beberapa mengubah kebijakan mereka setiap bulan. SNB berbeda, mengadakan keputusan terjadwal hanya empat kali per tahun, yang membuat setiap keputusan lebih signifikan.

Dengan inflasi yang meningkat pesat, SNB dapat memilih kenaikan suku bunga yang lebih besar sekarang – sebagai bagian dari mengejar ketertinggalan dengan yang lain dan juga untuk menghindari keputusan suku bunga yang tidak terjadwal. Front-loading sekarang bisa mencegah tindakan agresif di kemudian hari.

Dampak CHF dan komentar tentang nilai tukar

Dengan para ekonom mengharapkan kenaikan 75 bps, respons awal tergantung pada suku bunga baru. Pergerakan 100 bps ke +0,75% seperti yang saya harapkan, akan meningkatkan franc Swiss. Pergerakan 75 bps dapat memicu sedikit "beli rumor, jual fakta," dan pergerakan 50 bps yang sangat tidak mungkin menjadi hanya +0,25% akan membuat franc meleleh seperti cokelat Swiss.

Seperti biasa, dan terutama dalam kasus hasil "seperti yang diharapkan", pernyataan bank juga penting untuk langkah selanjutnya. Jika SNB bersumpah untuk terus menaikkan suku bunga untuk melawan inflasi, itu akan mendukung franc, sementara pendekatan "tunggu dan lihat" yang lebih bernuansa akan membebaninya.

Tapi mungkin dalam kasus SNB, komentar pada nilai franc adalah yang paling berharga untuk mata uang. Kembali pada bulan Juni, bank mengatakan bahwa mereka tidak lagi melihat franc dinilai terlalu tinggi – pernyataan itu menambahkan semangat ekstra untuk reli.

Apakah masih melihat franc sebagai nilai yang wajar? Jika demikian, itu bisa terus meningkat. Jika memperingatkan terhadap penilaian yang berlebihan, kekhawatiran intervensi dapat membebani franc.

Pikiran terakhir

SNB memiliki peluang bagus untuk mengejutkan pasar dengan kenaikan suku bunga 100 bps yang besar dalam pertemuan September, meningkatkan franc. Reaksi tergantung pada perubahan biaya pinjaman tetapi juga komentar tentang pergerakan masa depan dan nilai tukar.

Saat Swiss mengawasi Swedia, Inggris mengawasi Swiss – Bank of England mengumumkan keputusannya 3,5 jam setelah SNB. Langkah hawkish dari Swiss dapat meningkatkan pound, meningkatkan ekspektasi untuk kenaikan BOE yang lebih agresif. Itu bisa berubah menjadi respons "beli rumor, jual fakta" dalam pound.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik