Fokus Minggu Ini, 23 - 27 Agustus

23/08/2021, 11:00

Pasar mengalami kenaikan luas dalam sentimen anti-risiko minggu lalu. The Dow Jones turun -1,1% pada keseimbangan karena investor ekuitas tampaknya tumbuh lebih takut varian delta dan kontribusinya terhadap perlambatan pertumbuhan global. Dengan laporan penjualan ritel AS terbaru yang menggarisbawahi sentimen konsumen yang suram, data ekonomi yang kuat tampaknya menekankan narasi ini dan kemungkinan membebani secara negatif selera risiko dengan cara yang sama.

Tindakan harga Nasdaq mencatat penurunan hanya -0,3% untuk minggu ini, karena teknologi besar terus menentang gravitasi dan menjaga indeks tertimbang kapitalisasi pasar bertahan meskipun luasnya memburuk. Sementara itu, Indeks S&P 500 tersandung -0,6% dan Russell 2000 berkinerja buruk karena penurunan -2,5%. Indeks saham utama di luar AS juga menghadapi tekanan jual dengan pengecualian ASX 200 . The DAX 30 , FTSE 100 , dan CAC 40 , misalnya, turun -1,1%, -1,8%, dan -3,9% masing-masing. Saham teknologi China melemah karena lebih banyak tindakan keras pemerintah terhadap sektor tersebut, yang membuat Indeks Hang Seng anjlok -5,8% dan masuk ke wilayah pasar bearish.

Komoditas utama juga jatuh pekan lalu. Aksi harga minyak mentah jatuh -9,2% dan harga tembaga turun -5,8% di belakang meningkatnya kekhawatiran atas varian delta COVID-19 dan hambatan material yang ditimbulkannya terhadap pertumbuhan PDB global. Ini membebani mata uang komoditas secara negatif seperti Dolar Australia dan Dolar Kanada , tetapi mendorong permintaan untuk mata uang safe-haven seperti Dolar AS dan Yen Jepang . Belum lagi, risalah FOMC dirilis dan mengisyaratkan kemungkinan penurunan Fed "dalam beberapa bulan mendatang."

Terlepas dari reli hari Jumat, investor bersiap untuk risk-off di tengah pertemuan bahaya yang terus-menerus.Goldman Sachs, Bank of America menyarankan peningkatan kewaspadaan. Dolar turun.

Minyak bersiap untuk tren turun yang berkelanjutan setelah penurunan tujuh hari berturut-turut, penurunan mingguan tertajam dalam sembilan bulan. Ketika virus terus menyebar, itu mengganggu apa yang diharapkan akan menjadi ekonomi musim panas yang terbuka dan meningka

Sementara investor akan terus memantau data ekonomi yang akan datang, termasuk penjualan rumah dan pengeluaran pribadi, apa yang benar-benar mereka nantikan adalah simposium tahunan The Fed di Jackson Hole yang biasanya berlangsung secara langsung, tetapi karena meningkatnya kasus COVID di AS dan di seluruh dunia. ,  tahun ini akan berlangsung secara online. Itu dimulai pada akhir minggu.

Acara yang sangat dinanti ini dapat berfungsi sebagai pengubah permainan untuk pasar. Jika bank sentral AS memperkuat pesan bahwa mereka hampir mengakhiri tapering dengan mengurangi pembelian obligasi, seperti yang ditunjukkan dalam risalah FOMC minggu lalu , aksi jual besar-besaran dapat terjadi. Di sisi lain, jika Federal Reserve memberikan flip-flop terpelajar lainnya, yang pada akhirnya menandainya akan terus menunda pengetatan, reli tambahan bisa terjadi. The Fed telah kembali pada retorika kebijakannya sebelumnya, jadi tidak akan sepenuhnya mengejutkan kita jika mereka melakukannya lagi

Fokus untuk simposium Fed kemungkinan akan ditempatkan pada bahasa seputar garis waktu untuk mengurangi pembelian aset dan kemungkinan penundaan di tengah meningkatnya risiko penurunan terhadap prospek ekonomi yang berasal dari perjalanan pandemi baru-baru ini. Kalender Ekonomi Rincian tambahan tinggi-dampak risiko acara pada berkas perkara minggu depan, termasuk rilis data PCE inflasi inti. PMI bulanan dari IHS Markit dan notulen rapat ECB terbaru juga dijadwalkan untuk disampaikan. Apa lagi yang tersedia untuk pasar di minggu depan?

 

Fokus Minggu Ini

Senin

14.30 Jerman – PMI Manufaktur :diperkirakan turun ke 65,0 dari 65,9.

15.30 Inggris – IMP Manufaktur : diperkirakan akan datang di 59,5, lebih rendah dari 60,4 Juli.

21.00 AS – Penjualan Rumah yang Ada : diperkirakan turun menjadi 5,81 juta dari 5,86 juta.

Selasa

13.00 Jerman – PDB : diperkirakan akan tetap datar di 1,5% YoY.

21.00 AS – Penjualan Rumah Baru : terlihat naik menjadi 690 ribu dari 676 ribu.

Rabu

15.00 Jerman – Indeks Iklim Bisnis Ifo : kemungkinan turun tipis ke 100,4 dari 100,8.

19.30 AS – Pesanan Barang Tahan Lama Inti : diprediksi akan tetap stabil di 0,5%.

21.30 AS – Persediaan Minyak Mentah : diperkirakan akan melonjak ke -1.055M dari revisi ke atas di -3.234M.

Kamis

18.30 Zona Euro – ECB Mempublikasikan Akun Rapat Kebijakan Moneter

19.30 AS – Klaim Pengangguran Awal : diperkirakan akan naik lebih tinggi, menjadi 350 ribu dari 348 ribu.

Jumat

08.30 Australia – Penjualan Ritel : diperkirakan turun ke -2.9% dari -1.8% MoM.

19.30 AS – Indeks Harga PCE Inti : turun ke 0,3% dari 0,4% MoM; naik menjadi 3,6% dari 3,5% YoY .

19.30 AS – Pengeluaran Pribadi : diperkirakan turun ke 0,3% di bulan Juli, dari 1,0% sebelumnya.

 

Promosi

Scroll ke atas
bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading