Bantuan

Forex Hari Ini, 24 Februari

24/02/2022, 14:45

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Kamis, 24 Februari:

Rusia telah melancarkan serangan ke Ukraina selama jam perdagangan Asia dan memicu pelarian intens ke tempat yang aman di pasar keuangan. Aset safe-haven tradisional, seperti emas, JPY dan CHF, terus mengumpulkan kekuatan Kamis pagi dan Indeks Dolar AS diperdagangkan pada level tertinggi dalam hampir sebulan di atas 96,50. Di kemudian hari, Biro Analisis Ekonomi AS akan merilis perkiraan kedua dari data PDB kuartal keempat.

Klaim Pengangguran Awal mingguan dan Penjualan Rumah Baru Januari akan ditampilkan dalam kalender ekonomi AS juga. Investor, bagaimanapun, akan tetap fokus pada berita utama seputar konflik Rusia-Ukraina.

Menyusul laporan Rusia yang melakukan serangan rudal terhadap infrastruktur dan penjaga perbatasan Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengumumkan darurat militer di seluruh negeri. Perkembangan terakhir menunjukkan bahwa militer Rusia bergerak menuju perbatasan Ukraina dari Belarus.

Selanjutnya, Rusia dilaporkan melepaskan serangan siber dan Ukraina dikatakan telah menembak jatuh beberapa pesawat dan helikopter Rusia.

Mencerminkan lingkungan pasar yang menghindari risiko, imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun turun 5% dan indeks saham berjangka AS turun antara 2% dan 2,3%. Harga minyak mentah melonjak lebih tinggi dan barel West Texas Intermediate (WTI) terakhir terlihat diperdagangkan pada level tertinggi sejak Agustus 2014 di atas $96.

Perdagangan di Bursa Moskow telah ditangguhkan dan rubel Rusia di pasar antar bank jatuh ke rekor terendah baru terhadap dolar. USD/RUB terakhir terlihat naik lebih dari 7% hari ini di 87,40.

Emas melonjak lebih tinggi pada hari Kamis dan mencapai level terkuat sejak awal Januari di dekat $1.950. XAU/USD naik lebih dari 1,5% di awal sesi Eropa, diperdagangkan di sekitar $1.940.

EUR/USD merosot ke level terlemahnya dalam lebih dari tiga minggu di dekat 1,1200 sebelum memulai rebound. Pasangan ini bergerak mendekati pertengahan 1,1200-an dan turun 0,5% setiap hari.

EUR/JPY turun 1% di 128,80, AUD/JPY turun 0,9% di 82,40, EUR/CHF , yang menyentuh level terendah sejak 2015 di 1,02911 di awal sesi, tampaknya telah stabil di atas 1,0300 untuk saat ini.

GBP/USD jatuh untuk hari ketiga berturut-turut dan menguji 1,3500. Tidak akan ada rilis data ekonomi makro dari Inggris.

Terlepas dari penguatan dolar berbasis luas, USD/JPY diperdagangkan di wilayah negatif dekat 114,50, tertekan oleh penurunan tajam yang disaksikan dalam imbal hasil obligasi-T AS.

Bitcoin diperdagangkan pada level terendah dalam sebulan di dekat $35.000 dan kehilangan lebih dari 6% pada hari itu. Ethereum sudah turun hampir 10% pada hari Kamis dan terus melemah setelah menembus di bawah $2.500.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik