Bantuan

Forex Hari Ini, 25 Februari

25/02/2022, 15:10

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 25 Februari:

Aliran safe-haven mendominasi pasar keuangan untuk sebagian besar hari pada hari Kamis dan Indeks Dolar AS (DXY) melonjak ke level tertinggi sejak Juni 2020 di 97,73 sebelum mundur di akhir sesi Amerika. Pasar tetap relatif tenang pada awal Jumat dan DXY memperpanjang penurunan korektifnya karena investor bersiap untuk hari yang bergejolak lainnya.

Komisi Eropa akan merilis laporan sentimen Februari dan data Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi Biro Analisis Ekonomi AS akan ditampilkan dalam kalender ekonomi AS di kemudian hari. Perkembangan seputar perang Rusia-Ukraina, bagaimanapun, kemungkinan akan tetap menjadi penggerak pasar utama menjelang akhir pekan.

Menyusul keputusan Rusia untuk melancarkan serangan ke Ukraina, negara-negara barat mengumumkan serangkaian sanksi pada Kamis. UE, Inggris, dan AS menahan diri untuk tidak memotong Rusia dari sistem SWIFT sambil mencatat bahwa opsi itu masih ada di atas meja. Selain itu, sektor energi Rusia juga sebagian besar tidak dikenai sanksi, meredakan kekhawatiran atas dampak negatif sanksi terhadap ekonomi global dan inflasi.

Namun demikian, "hari ini akan menjadi hari yang paling sulit," seorang penasihat pemerintah Ukraina mengatakan pada hari sebelumnya dan mencatat bahwa Rusia berencana menggunakan tank untuk menerobos Kyiv. Selain itu, Presiden Ukraina Zelenskyy mengatakan sanksi yang dijatuhkan kepada Rusia tidak cukup.

Menjelang sesi Eropa, DXY turun 0,2% hari ini di 96,85, imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun sedikit berubah di 1,96% dan West Texas Intermediate naik 1,75% di 94,60. Indeks saham berjangka AS, sementara itu, membukukan kerugian harian kecil, menunjukkan suasana pasar yang hati-hati.

EUR/USD melakukan rebound dan diperdagangkan di wilayah positif di atas 1,1200 setelah kehilangan lebih dari 200 pips dan membukukan salah satu penurunan satu hari terbesar dalam beberapa bulan pada hari Kamis.

GBP/USD jatuh ke level terendah sejak akhir Desember di 1,3271 pada hari Kamis tetapi berhasil menghapus sebagian dari kerugiannya. Pasangan ini terakhir terlihat naik 0,4% hari ini di 1,3426.

Emas melonjak ke level terkuatnya sejak September 2020 di $1.974 pada hari Kamis tetapi berbalik arah secara dramatis di paruh kedua hari ini untuk ditutup datar sedikit di atas $1.900. XAU/USD telah mendapatkan kembali momentum bullishnya pada Jumat pagi dan mulai naik lebih tinggi menuju $1.920.

Meskipun JPY berhasil mengungguli saingannya yang sensitif terhadap risiko, seperti EUR, GBP dan AUD, pada hari Kamis, USD/JPY memperoleh daya tarik pada penguatan USD berbasis luas dan naik ke area 115,50. Pasangan ini mengkonsolidasikan kenaikannya tetapi bertahan di atas 115,00.

Bitcoin turun di bawah $35.000 tetapi memanfaatkan pembalikan risiko di akhir sesi Amerika pada hari Kamis dan ditutup di atas $38.000. BTC/USD membukukan kenaikan moderat pada Jumat pagi tetapi tetap di bawah $40.000 untuk saat ini. Ethereum berfluktuasi dalam kisaran yang relatif ketat di atas $2.600 setelah pulih dari level terendah multi-minggu yang disentuh di $2.300 pada hari Kamis.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik