Finex
MT Haryono Street No.Kav. 2-3, RT.1 RW.6 12810 Jakarta, ID
021-50101569, 021-50101046
>Data Payroll AS Jadi Fokus Minggu Ini

Data Payroll AS Jadi Fokus Minggu Ini

30/06/2020, 16:50

Minggu ini perhatian pasar akan tertuju pada data bulan dari Departemen Tenaga Kerjaan Amerika Serikat ( non farm payroll).

Data Non-Farm Payroll AS (NFP) adalah salah satu data ekonomi penting yang rilisnya kerap ditunggu oleh para pelaku pasar keuangan.

Mendekati waktu dan setelah data NFP dirilis, pasar keuangan seketika menunjukkan berbagai macam reaksi. Dalam dunia forex, trader pengguna analisa fundamental tidak akan melewatkan rilis data ini, karena pasangan mata uang yang diperdagangkan versus dolar AS bisa langsung melonjak kuat atau justru anjlok, tergantung pada bagus atau buruknya data.

Data Non-Farm Payroll (NFP) adalah sebuah data berisikan perubahan jumlah tenaga kerja AS di semua sektor dengan pengecualian pegawai pemerintah, pegawai rumah tangga, pegawai yang bekerja pada organisasi LSM (non-profit/nirlaba) dan karyawan sektor pertanian.

Data NFP AS mencerminkan kondisi ketenagakerjaan di sektor komersil dan industri di AS, sehingga digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan oleh pemerintah, bank sentral, maupun investor.

Perlu untuk diketahui bahwa dalam ilmu ekonomi, ketenagakerjaan memegang posisi penting karena semakin banyak warga bekerja maka akan semakin banyak gaji yang dibelanjakan dan bisa melumasi mesin-mesin ekonomi. Semakin tinggi pertambahan Non-Farm Payroll dapat diterjemahkan sebagai makin mantapnya kondisi perekonomian AS.

Sektor-sektor yang dicakup oleh data Non-Farm Payroll menyumbang sekitar 80% dari Gross Domestic Product (GDP) AS. Dengan demikian, laporan Non-Farm Payroll berguna bagi pemerintah AS untuk menilai kondisi ekonomi saat ini, membuat kebijakan ekonomi, dan dapat dipakai sebagai acuan untuk memprediksi aktivitas ekonomi di masa mendatang.

Bank Sentral AS yang bernama Federal Reserve (FED) secara khusus selalu memberikan perhatian pada data NFP dengan membahasnya dalam rapat kebijakannya, yaitu pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC).

Data payroll minggu ini akan dirilis hari Kamis lusa jam 19:30 wib, dimana data bulan April 2,5 juta pekerja, kini data di bulan Mei diperkirakan bertambah menjadi 3 juta pekerja.

Sedangkan angka pengangguran bulan Mei diperkirakan turun menjadi 12,4% dari bulan sebelumnya 13,3%.

 

 

bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading