Finex
MT Haryono Street No.Kav. 2-3, RT.1 RW.6 12810 Jakarta, ID
021-50101569, 021-50101046

Leverage khusus 1:200 dengan broker teregulasi

Tentang Margin

Margin adalah sejumlah dana yang harus ditempatkan oleh Nasabah pada Pialang Berjangka, Pialang Berjangka pada Anggota Kliring Berjangka, atau Anggota Kliring Berjangka pada Lembaga Kliring Berjangka untuk menjamin pelaksanaan transaksi Kontrak Berjangka, Kontrak Derivatif Syariah, dan/atau Kontrak Derivatif lainnya.

Margin yang ditempatkan oleh Nasabah pada Pialang Berjangka untuk nilai kontrak $100.000 hanya diperlukan Margin senilai $1000 (Perbandingannya hanya 1%).

Margin menunjukan kekuatan Nasabah dalam bertransaksi, semakin besar Margin yang ditempatkan maka semakin besar nilai kontrak yang dapat ditransaksikan.

Tentang Leverage

Leverage adalah Daya Ungkit, dimana dengan modal yang relatif kecil dapat melakukan transaksi dengan kontrak yang besar. Sesuai prinsip ekonomi bahwa dengan modal kecil dapat melakukan transaksi besar dan dapat meningkatkan profitabilitas.

Berikut contoh perbandingan Leverage untuk nilai kontrak 100.000.

Leverage modal transaksi yang diperlukan senilai

Leverage 1 Lot 0.1 Lot
Tanpa Leverage $ 100.000 $ 10.000
1 : 100 $ 1.000 $ 100
1 : 200 $ 500 $ 50
1 : 500 $ 200 $ 20

Dengan demikian dengan modal sekecil mungkin namun tetap dapat melakukan transaksi dengan kontrak besar.
Leverage dapat meningkatkan profitabilitas karena:
Jika kita hanya menempatkan margin senilai $1000 maka:

1. Leverage 1:100 memerlukan modal transaksi (margin) $1000
2. Leverage 1:200 memerlukan modal transaksi (margin) $500 maka masih ada margin bebas (Free Margin $500) dapat digunakan untuk transaksi lagi, transaksi menjadi 2 kali lipat leverage 1:100
3. Leverage 1:500 memerlukan modal transaksi (margin) $200 maka masih ada margin bebas (Free Margin $800) dapat digunakan untuk transaksi lagi, transaksi menjadi 5 kali lipat leverage 1:100

Kesimpulan: Jika penerapan Leverage diterapkan secara benar maka tentu dapat meningkatkan Potensi Keuntungan.

Leverage PT. Finex

Untuk salah satu rekening perdagangan Finex leverage sudah diatur yaitu, 1: 200. Persyaratan margin tidak berubah selama seminggu, dan tidak melebar semalam atau pada akhir pekan.

Resiko Leverage

Pada satu sisi, menggunakan leverage, Anda bisa membuat keuntungan yang cukup besar dari investasi awal Anda yang relatif kecil. Di sisi lain, Anda juga bisa mengalami kerugian secara drastis jika Anda tidak menerapkan management resiko yang tepat.

Oleh sebab itu, Finex menyediakan leverage untuk membantu Anda mengelola dengan tingkat resiko yang optimal.

Permantauan Margin

Di Finex, Anda dapat mengkontrol eksposur resiko Anda secara real-time dengan menggunakan Pemantau dan Free Margin.

Penggunaan alat tersebut secara bersama-sama akan membentuk ekuitas Anda. Margin yang digunakan mengacu pada jumlah uang yang Anda harus depositkan untuk menahan trading Anda (contoh. Leverage akun Anda 1:200, margin yang Anda perlukan untuk menyisihkan yaitu 0.5% dan ukuran perdagangan Anda). Free margin adalah Jumlah uang yang tersisa pada akun trading Anda, dan itu berfluktuasi sesuai dengan equitu akun Anda; Anda dapat membuka posisi tambahan dengan itu atau menyerap kerugian.

Margin Call

Meskipun setiap klient sepenuhnya bertanggung jawab untuk melakukan monitoring terhadap setiap aktivirtas trading mereka, Finex mengikuti kebijakan margin call untuk menjamin bahwa kemungkinan resiko maksimum tidak melebihi ekuitas akun Anda.

Begitu equity Anda turun dibawah 100% dari margin yang dibutuhkan untuk mempertahankan posisi trading anda, kami akan mencoba untuk memberitahu anda dengan peringatan margin call bahwa anda tidak memiliki modal yang cukup untuk mendukung posisi trading Anda.

Dalam kasus Anda adalah klient yang terbiasa melakukan trading menggunakan ponsel dan kami merasa bahwa Anda tidak bisa mempertahankan posisi trading Anda, maka Anda mungkin menerima margin call dari dealer kami, dan menyarankan untuk melakukan deposit dengan jumlah yang cukup untuk mempertahankan posisi trading.

Autocut Level / Force Liquidation

Autocut Level adalah eksekusi untuk melikuidasi posisi transaksi nasabah secara otomatis yang dilakukan oleh perusahaan tanpa perlu persetujuan dari nasabah terlebih dahulu.

Apabila Equity Account Nasabah mencapai level 30% atau dibawahnya dari Margin Requirement, maka tidakan autocut akan dilakukan.