Selamat datang di The Next Trader. Pada artikel  kedua kali ini kita akan membahas platform trading yang banyak digunakan oleh trader di seluruh dunia sejak bertahun-tahun lalu, yaitu Metatrader 4. Dimana banyak trader menyukainya karena memiliki berbagai macam indikator teknis dan penasihat ahli (perdagangan otomatis dengan robot). Tetapi, setiap pemula harus tahu bagaimana bekerja dengan MT 4 dan keuntungan apa saja yang dimilikinya.

 Metatrader 4 berhasil menjadi platform trading online favorit, karena menawarkan banyak sekali kemudahan bagi trader. Trader dapat melakukan transaksi, memantau saldo akun, dan menganalisis pasar dengan satu platform saja. Metatrader 4 pun tersedia dalam bentuk software untuk desktop (PC/Laptop) dan aplikasi mobile (Android/iPhone), sehingga dapat dipergunakan dengan hampir semua gadget yang lazim dimiliki trader.

wide.png

 

Fungsi Metatrader 4

 

Dari penjelasan awal di atas, tentunya kita sudah mendapat gambaran cara kerja Metatrader 4 dan fungsi-fungsi yang bisa digunakan untuk membantu trader dalam bertransaksi.  Diantara fungsi-fungsi metatrader 4 itu seperti: 

num1.pngMetatrader 4 Sebagai Trading Sistem

GDi metatrader 4 sudah disediakan banyak fitur yang bisa digunakan trader untuk membuat sebuah system trading yang bisa digunakan dalam transaksi trading. Fitur-fitur seperti grafik, indicator, dan alat bantu lainnya sudah tersedia secara lengkap di metatrader 4

 

MT4_1.png

 

num2.pngMetatrader 4 Sebagai Fungsi Analitis

Dengan adanya fitur-fitur yang sudah disediakan di metatrader 4, bisa digunakan untuk menganalisa, membaca dan memprediksi pergerakan harga lewat analisa teknikal dan fundamental. Tentunya bisa memudahkan trader untuk membaca tren, membuat support dan resistance, dan yang lain sebelum mengambil keputusan trading.

 

MT4_2.png

 

num3.pngMetatrader 4 Sebagai Algoritma Trading

Metatrader 4 merupakan platform trading online pertama untuk kalangan trader ritel yang memungkinkan untuk penerapan trading otomatis (robot trading). Inilah salah satu factor yang membuatnya disukai banyak trader di seluruh dunia

Di dalam Metatrader 4 sudah tersedia Metaquotes Editor yang bisa digunakan untuk membuat algoritma / program trading otomatis sesuai keinginan trader dalam membuat script, indicator, bahkan robot trading yang semakin memudahkan trader dalam bertransaksi, tanpa harus menghabiskan banyak waktu dalam memantau pergerakan.

 

MT4_3.png

 

num-4.pngMetatrader 4 Sebagai Informasi Dan Berita Keuangan

Fungsi selanjutnya yang tersedia di metatrader 4 adalah informasi berita keuangan dunia yang selalu update. Dimana informasi berita keuangan tersebut dapat Membantu Trader untuk membaca berita fundamental yang sedang dirilis sehingga dapat dijadikan salah satu dasar pengambilan keputusan dalam trading.

 

MT4_4.png
wide.png

 

Lalu apa yang bisa dilakukan trader di dalam Metatrader 4?

Di dalam Metatrader 4, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh trader, diantaranya:

Berlatih Di Akun Demo

Di dalam metatrader 4, seorang trader pemula dapat berlatih tanpa batas, karena sudah disediakan akun demo yang dapat dibuka kapan saja, tanpa harus kehilangan uang.

Membuat Strategi Trading

seorang trader yang handal, pastinya memiliki strategi trading sendiri. Dimana strategi trading tersebut dapat dibuat di dalam metatrader 4. Terdapat banyak tools dan indikator yang dapat disusun menjadi sebuah strategi trading yang dapat digunakan mencari profit secara maksimal.

Membuat Robot Trading

Di metatrader 4 tersedia sebuah program yang dapat memudahkan trader membuat strategi tradingnya berjalan otomatis. Dengan menggunakan MetaQuotes Languages Editor, trader dapat membuat sebuah program trading otomatis, sehingga trader tidak harus menghabiskan banyak waktu untuk memantau grafik.

Melakukan Order Beli Dan Jual

Hal paling penting yang terdapat di metatrader 4 adalah trader dapat melakukan order beli ataupun jual. Dimana order beli ataupun jual dapat dilakukan dengan eksekusi instant ataupun dengan pending order. Selain itu, trader juga dapat menentukan batasan  resiko kerugian dengan memasang stoploss dan menentukan target profit yang diinginkan dengan memasang take profit.

Jadi pada kesimpulannya, platform metatrader 4 adalah platform yang modern yang bisa memahami keinginan trader dan dapat membantu serta memudahkan trader untuk melakukan transaksi. Saat ini platform metatrader 4 juga sudah tersedia untuk smartphone android dan iOS. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda pun siap untuk mengambil langkah pertama yang berarti untuk menuju kesuksesan di trading Forex. Ayo, tunjukkan seberapa baik Anda berlatih!