Bantuan

Emas Turun Tipis

02/02/2022, 17:10

Harga emas turun tipis pada hari Rabu, bergerak menjauh dari level psikologis utama $1.800, karena selera risiko yang didorong oleh komentar yang kurang hawkish dari pejabat Federal Reserve AS melebihi dukungan dari imbal hasil Treasury yang lebih rendah.

Emas spot turun 0,13% menjadi $1.798,80 per ounce, pada pukul 16.10 WIB. Emas berjangka AS turun 0,1% menjadi $1.799,60.

"Pergeseran ke arah pendekatan yang lebih berisiko oleh investor mungkin negatif terhadap emas, namun, pelemahan dolar yang dihasilkan membantu emas, dan penurunan hasil TIPS AS telah memberikan dukungan untuk emas," kata analis.

"Komentar (Presiden Fed St. Louis James) Bullard tentang topik kenaikan 50 bp adalah bagian dari kecenderungan di antara pejabat Fed untuk melunakkan sikap pasar terhadap kecepatan dan tingkat pengetatan pada 2022."

Seorang elang terkenal, Bullard mengatakan pada hari Selasa bahwa dia akan berdebat untuk kenaikan suku bunga pada bulan Maret, Mei dan Juni, tetapi tidak mendukung langkah setengah poin.

Meskipun emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi, kenaikan suku bunga akan meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Ketika Fed mengambil keputusan yang solid tentang kenaikan suku bunga bulan depan, investor akan mendapatkan arahan, kata analis, menambahkan bahwa sampai saat itu emas kemungkinan akan lesu.

Wall Street menguat pada hari Selasa dan indeks energi ditutup pada level tertinggi multi-tahun, meskipun perdagangan jungkat-jungkit mencerminkan ketidakpastian investor tentang bagaimana memainkan pasar saat ini.

Indeks dolar turun ke level terendah dalam seminggu, membuat emas menarik bagi pemegang mata uang lainnya.

Patokan imbal hasil Treasury AS 10-tahun sedikit lebih rendah, membatasi kerugian pada emas batangan tanpa bunga.

Spot silver naik 0,3% menjadi $22,71 per ounce, platinum naik 0,4% menjadi $1,031,26, dan paladium naik 1,2% menjadi $2,391,99.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik