Bantuan

Keputusan Kebijakan Moneter RBA

02/08/2022, 12:45

Pada rapat hari ini, Dewan memutuskan untuk menaikkan target suku bunga sebesar 50 basis poin menjadi 1,85 persen. Ini juga meningkatkan tingkat suku bunga pada saldo Penyelesaian Bursa sebesar 50 basis poin menjadi 1,75 persen.

Dewan menempatkan prioritas tinggi pada kembalinya inflasi ke2-3 persen dari waktu ke waktu, sambil menjaga ekonomi tetap stabil. Jalan untuk mencapai keseimbangan ini sangat sempit dan diselimuti ketidakpastian, paling tidak karena perkembangan global. Prospek pertumbuhan ekonomi global telah diturunkan karena tekanan pada pendapatan riil dari inflasi yang lebih tinggi, pengetatan kebijakan moneter di sebagian besar negara, invasi Rusia ke Ukraina dan langkah-langkah penahanan COVID di Cina.

Inflasi di Australia adalah yang tertinggi sejak awal 1990-an. Dalam istilah utama, inflasi adalah 6,1 persen sepanjang tahun hingga kuartal Juni; dalam istilah yang mendasarinya adalah 4,9 persen. Faktor global menjelaskan sebagian besar peningkatan inflasi, tetapi faktor domestik juga berperan. Ada tekanan kenaikan harga yang meluas dari permintaan yang kuat, pasar tenaga kerja yang ketat dan kendala kapasitas di beberapa sektor ekonomi. Banjir tahun ini juga mempengaruhi beberapa harga.

Inflasi diperkirakan akan mencapai puncaknya akhir tahun ini dan kemudian menurun kembali ke arah2-3 kisaran persen. Melemahnya inflasi yang diharapkan mencerminkan penyelesaian berkelanjutan dari masalah sisi penawaran global, stabilisasi harga komoditas dan dampak kenaikan suku bunga. Ekspektasi inflasi jangka menengah tetap tertancap dengan baik, dan hal ini penting untuk tetap dipertahankan. Perkiraan utama Bank Dunia adalah inflasi IHK menjadi sekitar 7¾ persen selama tahun 2022, sedikit di atas 4 persen selama tahun 2023 dan sekitar 3 persen selama tahun 2024.

Ekonomi Australia diperkirakan akan terus tumbuh kuat tahun ini, dengan laju pertumbuhan yang kemudian melambat. Ketenagakerjaan tumbuh dengan kuat, belanja konsumen telah bertahan dan peningkatan dalam investasi bisnis sedang berlangsung. Pendapatan nasional juga didorong oleh kenaikan nilai perdagangan yang mencapai rekor tertinggi. Perkiraan utama Bank Dunia adalah untuk pertumbuhan PDB sebesar 3¼ persen selama 2022 dan 1¾ persen di masing-masing dua tahun berikutnya.

Pasar tenaga kerja tetap lebih ketat daripada selama bertahun-tahun. Tingkat pengangguran menurun lebih lanjut pada bulan Juni menjadi 3,5 persen, tingkat terendah dalam hampir 50 tahun. Lowongan kerja dan iklan pekerjaan keduanya pada tingkat yang sangat tinggi dan penurunan lebih lanjut dalam pengangguran diharapkan selama beberapa bulan ke depan. Di luar itu, beberapa peningkatan pengangguran diperkirakan karena pertumbuhan ekonomi melambat. Perkiraan utama Bank Dunia adalah tingkat pengangguran menjadi sekitar 4 persen pada akhir tahun 2024. Program penghubung dan survei bisnis kami terus menunjukkan peningkatan pertumbuhan upah dari tingkat rendah beberapa tahun terakhir karena perusahaan bersaing untuk mendapatkan staf di pasar tenaga kerja yang ketat.

Sumber utama ketidakpastian terus menjadi perilaku pengeluaran rumah tangga. Inflasi yang lebih tinggi dan suku bunga yang lebih tinggi memberikan tekanan pada anggaran rumah tangga. Kepercayaan konsumen juga turun dan harga perumahan menurun di beberapa pasar setelah kenaikan besar dalam beberapa tahun terakhir. Bekerja di arah lain, orang mencari pekerjaan dan mendapatkan lebih banyak jam kerja. Banyak rumah tangga juga telah membangun penyangga keuangan yang besar dan tingkat tabungan tetap lebih tinggi daripada sebelum pandemi. Dewan akan memperhatikan dengan seksama bagaimana berbagai faktor ini menyeimbangkan saat menilai pengaturan kebijakan moneter yang tepat.

Kenaikan suku bunga hari ini merupakan langkah lebih lanjut dalam normalisasi kondisi moneter di Australia. Kenaikan suku bunga selama beberapa bulan terakhir telah diperlukan untuk membawa inflasi kembali ke target dan untuk menciptakan keseimbangan permintaan dan penawaran yang lebih berkelanjutan dalam ekonomi Australia. Dewan mengharapkan untuk mengambil langkah lebih lanjut dalam proses normalisasi kondisi moneter selama beberapa bulan ke depan, tetapi tidak pada jalur yang telah ditentukan sebelumnya. Ukuran dan waktu kenaikan suku bunga di masa depan akan dipandu oleh data yang masuk dan penilaian Dewan tentang prospek inflasi dan pasar tenaga kerja. Dewan berkomitmen untuk melakukan apa yang diperlukan untuk memastikan bahwa inflasi di Australia kembali ke target dari waktu ke waktu.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik