Bantuan

Emas Bergerak Datar

06/04/2022, 13:45

Harga emas datar pada hari Rabu karena komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve AS mendorong dolar dan imbal hasil Treasury ke tertinggi multi-tahun, mengurangi permintaan safe-haven emas dan mengimbangi dukungan dari ketidakpastian seputar perang Ukraina.

Spot emas datar di $1.924,28 per ounce pada pukul 12.40 WIB, setelah turun 0,4% di awal sesi. Emas berjangka AS turun 0,2% menjadi $1.923.60.

"Pedagang tetap sangat net-long di pasar berjangka emas, dan itu jelas membantu mendukung harga secara keseluruhan," kata analis.

"Namun, dolar AS yang lebih kuat dan kurangnya permintaan safe-haven membatasi potensi kenaikannya."

Dolar mencapai level tertinggi dalam hampir dua tahun karena pejabat Fed mendorong pengurangan cepat dalam neraca bank sentral yang membengkak, dengan salah satu dari mereka mengungkapkan keterbukaan terhadap kenaikan suku bunga yang besar dan kuat setengah poin persentase.

Dolar yang lebih kuat membuat emas kurang menarik bagi pemegang mata uang lainnya.

"Komentar hawkish dari anggota kunci Fed kemarin kemungkinan menutupi risalah FOMC (Federal Open Market Committee) hari ini, karena mereka menunjuk ke arah kenaikan 50 bp pada pertemuan FOMC berikutnya dan pengurangan neraca yang lebih cepat daripada yang diantisipasi," kata analis.

The Fed akan merilis risalah pertemuan Maret pada Rabu yang dapat memberikan rincian tentang rencananya untuk mengurangi kepemilikan obligasi.

Imbal hasil Treasury AS mencapai tertinggi multi-tahun, dengan imbal hasil jangka panjang bergerak lebih cepat dan sebagian membalikkan beberapa inversi baru-baru ini di kurva AS.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS dan imbal hasil yang lebih tinggi, yang meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil, sambil meningkatkan dolar, di mana ia dihargai.

Sementara itu, Amerika Serikat dan sekutunya ditetapkan pada Rabu untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Moskow atas pembunuhan warga sipil di Ukraina utara.

Spot perak datar di $24,32 per ounce, platinum turun 0,3% menjadi $965,11 dan paladium turun 0,1% pada $2.235,92.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik