Bantuan

Preview Jelang NFP AS

06/05/2022, 16:05

Laporan Nonfarm Payrolls AS harus mengonfirmasi bahwa Federal Reserve berada di jalur yang benar. Penciptaan lapangan kerja kemungkinan akan bertahan dalam parameter Fed, perhatian kemudian akan beralih ke pertumbuhan upah. Dolar Amerika kemungkinan akan mendapat manfaat dari pembacaan pekerjaan yang optimis.

AS akan merilis angka ketenagakerjaan April pada hari Jumat, 6 Mei. Laporan Nonfarm Payrolls diharapkan menunjukkan bahwa ekonomi menambahkan 391 ribu pekerjaan baru, di bawah 431 ribu sebelumnya tetapi masih merupakan angka yang bagus. Tingkat pengangguran diperkirakan akan berkontraksi menjadi 3,5% dari 3,6% di bulan sebelumnya. Juga, Penghasilan Per Jam Rata-rata diharapkan sebesar 5,5% YoY.
Federal Reserve AS khawatir tentang inflasi, untuk saat ini

Ketenagakerjaan adalah salah satu dari dua pilar mandat Federal Reserve AS. Yang lainnya adalah inflasi, yang jauh lebih memprihatinkan akhir-akhir ini. Kembali pada bulan Januari, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan bahwa kondisi pasar tenaga kerja AS konsisten dengan lapangan kerja maksimum. Pada hari Rabu, dan setelah pertemuan Mei, pernyataan itu mencatat bahwa "peningkatan pekerjaan telah kuat dalam beberapa bulan terakhir, dan tingkat pengangguran telah menurun secara substansial."

Bank sentral menaikkan suku bunga Fed Funds sebesar 50 bps ke kisaran 0,75% hingga 1% dan mengumumkan neraca akan mulai dikurangi pada 1 Juni. Pembuat kebijakan mengatakan mereka akan mulai dengan batasan $47,5 miliar pada limpasan bulanan naik menjadi $95 miliar setelah tiga bulan.

Tentang ketenagakerjaan, ketua Powell mengatakan bahwa penciptaan lapangan kerja akan melambat di tengah kebijakan fiskal dan moneter yang kurang mendukung. Namun, dia memperkirakan tingkat pengangguran akan tetap sekitar 3,5%, menurut proyeksi ekonomi bulan Maret.

Namun, sektor pekerjaan yang lebih kuat bukanlah penyebab kelegaan bagi pejabat bank sentral. Sebaliknya, rekor pembukaan pekerjaan mendorong upah lebih tinggi, yang pada gilirannya menambah tekanan inflasi. Laporan Pembukaan Pekerjaan JOLTS Maret mencapai rekor tertinggi baru 11,549 juta, sementara jumlah orang yang meninggalkan pekerjaan lama mereka adalah 6,32 juta, dengan 4,53 juta secara sukarela meninggalkan pekerjaan mereka.

Juga, Unit Biaya Tenaga Kerja Q1 melonjak 11,6% sementara Produktivitas Non-pertanian turun 7,5% pada periode yang sama. Survei ADP menunjukkan bahwa sektor swasta menambahkan hanya 247 ribu posisi baru di bulan April, meleset dari perkiraan 395 ribu. Pada catatan positif, Klaim Pengangguran Berkelanjutan untuk pekan yang berakhir 22 April turun menjadi 1,38 juta, mengisyaratkan penciptaan lapangan kerja yang dibuktikan.
Kemungkinan reaksi pasar

Dolar Amerika dengan cepat pulih dari penurunan setelah pengumuman Fed, karena meskipun menahan kebijakan moneter yang lebih agresif, bank sentral jauh di depan rekan-rekan utamanya. Minggu ini, Reserve Bank of Australia dan Bank of England mengumumkan kenaikan moderat 0,25%, sementara Bank Sentral Eropa belum menarik pelatuknya.

Sebuah laporan optimis dapat mengkonfirmasi Federal Reserve AS berada di jalur yang benar dan lebih lanjut mendorong greenback. Pelaku pasar mungkin tidak terlalu khawatir jika angka utama meleset dari ekspektasi pasar.

Seperti biasa, mata uang terkait komoditas kemungkinan akan mengikuti jejak ekuitas , sementara GBP/USD dapat memposting reaksi terbatas terhadap berita utama.

Mata uang bersama adalah salah satu saingan dolar terlemah, dibebani oleh perkembangan Eropa Timur dan krisis energi yang terkait. Pasangan EUR/USD memiliki ruang untuk menurun menuju rendah tahun 1,0470 dan bahkan lebih rendah. Kenaikan dalam rilis NFP kemungkinan akan menarik penjual setelah debu mereda, meskipun kenaikan di atas 1,0640 dapat memicu penghentian dan menghasilkan pendekatan ke angka 1,0700.

USD

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik