Bantuan

Emas Berpotensi Lanjut Turun

06/07/2022, 15:15

Emas bergerak di dekat level terendah baru tujuh bulan pada hari Rabu, dengan dolar bertengger di puncak dua dekade, karena investor terus meremehkan emas dan melihat ke greenback untuk keamanan di tengah meningkatnya kesedihan atas memburuknya prospek ekonomi global.

Spot gold terakhir naik 0,18% pada $1.767,92 per ounce pada pukul 14.10 WIB, setelah merosot ke $1.762,45, terendah sejak pertengahan Desember. Emas berjangka AS menguat 0,14% menjadi $1.766,40.

Setelah turun melalui support sekitar $1.790-$1.800 pada hari Selasa, emas bisa menuju lebih rendah dalam jangka menengah, kata analis.

Efek kembar dari dolar AS yang lebih kuat karena tingkat yang lebih tinggi, dan tingkat yang lebih tinggi itu sendiri memiliki dampak langsung pada emas batangan, membebani prospek emas, kata analis.

Saham Asia jatuh dan dolar mendominasi terhadap euro pada hari Rabu karena ketakutan investor semakin dalam bahwa benua itu memimpin dunia ke dalam resesi.

Indeks dolar terkonsolidasi mendekati level tertinggi sejak 2002 - level yang mengirim emas yang dihargakan dengan greenback sebanyak 2,6% lebih rendah pada hari Selasa.

Spot gold mungkin menguji support di $1.756 per ounce, dan penembusan bisa memicu penurunan ke $1.748, kata analis.

Sementara itu, Federal Reserve AS akan merilis risalah dari pertemuan kebijakan Juni di kemudian hari, yang dapat memberi investor gambaran yang lebih jelas tentang peta jalan untuk suku bunga.

Lebih banyak bank sentral utama menaikkan suku bunga pada bulan Juni daripada di bulan mana pun selama setidaknya dua dekade, perhitungan Reuters menunjukkan, dan dengan inflasi pada level tertinggi selama beberapa dekade, pengetatan kebijakan tidak mungkin berhenti tahun ini.

Suku bunga dan imbal hasil obligasi yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan, yang tidak menghasilkan apa-apa.

Spot perak turun 1,2% menjadi $18,96 per ounce, level terendah dalam dua tahun.

Platinum turun 1,3% menjadi $853,67, dan paladium turun 0,1% menjadi $1,932,08.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik