Bantuan

Forex Hari Ini, 6 Desember

06/12/2022, 15:55

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Selasa, 6 Desember:

Menyusul rebound yang menentukan pada hari Senin, Indeks Dolar AS mempertahankan kenaikan harian moderat pada Selasa pagi karena investor mengadopsi sikap hati-hati. Imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun tetap di wilayah positif sekitar 3,6% di pagi Eropa dan indeks saham berjangka AS diperdagangkan datar pada hari itu. Neraca Perdagangan Barang Oktober akan menjadi satu-satunya data yang ditampilkan dalam kalender ekonomi AS hari ini. Ivey November PMI dari Kanada dan Lelang GDT dari Selandia Baru juga akan dicermati untuk dorongan baru. 

Data yang diterbitkan oleh ISM mengungkapkan pada hari Senin bahwa aktivitas bisnis di sektor jasa AS berkembang dengan penguatan pada bulan November dengan IMP Jasa naik menjadi 56,5 dari 54,4 pada bulan Oktober. Pembacaan ini lebih baik dari ekspektasi pasar 53,1 dan membantu Dolar AS mengungguli para pesaingnya di paruh kedua hari ini. Namun demikian, Alat FedWatch CEM Group menunjukkan bahwa pasar masih memperkirakan kemungkinan hampir 80% dari kenaikan suku bunga Fed sebesar 50 basis poin (bps) pada bulan Desember.

Selama jam perdagangan Asia, Reserve Bank of Australia (RBA) mengumumkan akan menaikkan suku bunga kebijakan sebesar 25 bps menjadi 3,1% seperti yang diharapkan. Dalam pernyataan kebijakannya, RBA mencatat bahwa pembuat kebijakan berharap untuk terus menaikkan suku bunga. Mengenai perkembangan harga, RBA lebih lanjut mencatat bahwa inflasi diperkirakan akan meningkat selama beberapa bulan ke depan. Menyusul penurunan tajam pada hari Senin, AUD/USD berhasil melakukan rebound dan terakhir terlihat diperdagangkan di wilayah positif di atas 0,6700.

Ditekan oleh kekuatan Dolar AS yang diperbarui dan suasana pasar yang menghindari risiko, EUR/USD mengakhiri hari di wilayah negatif di bawah 1,0500 pada hari Senin. Pasangan ini tetap relatif tenang di dekat level penutupan Senin Selasa pagi. Data dari Jerman mengungkapkan bahwa Pesanan Pabrik naik 0,8% pada bulan Oktober, mengalahkan ekspektasi pasar untuk penurunan sebesar 0,2%.

GBP/USD kehilangan lebih dari 50 pips pada hari Senin dan tampaknya telah memasuki fase konsolidasi di sekitar 1,2200 di pagi Eropa pada hari Selasa. IMP Konstruksi Global S&P akan ditampilkan dalam kalender ekonomi Inggris tetapi sepertinya tidak akan berdampak signifikan pada kinerja Pound Sterling terhadap para pesaingnya.

Dengan imbal hasil obligasi AS 10 tahun naik lebih dari 2% pada hari Senin, harga Emas berbelok ke selatan dan menghapus sebagian besar kenaikan minggu lalu. Pada saat penulisan, XAU/USD bergerak sideways di sekitar $1.770.

USD/JPY naik lebih dari 100 pips pada hari Senin dan terus mendorong lebih tinggi di sesi Asia pada hari Selasa. Pasangan ini terakhir terlihat naik 0,5% hari ini di 137,35. Sebelumnya pada hari itu, Gubernur Bank of Japan (BoJ) Haruhiko Kuroda menjelaskan bahwa mereka akan mempertimbangkan untuk keluar dari kebijakan ultra-longgar setelah target inflasi 2% tercapai secara konsisten.

Bitcoin berjuang untuk mendapatkan daya tarik pada hari Senin dan mencatat kerugian kecil setiap hari. BTC/USD terus bergerak menyamping mendekati $17.000 Selasa pagi. Ethereum turun lebih dari 1% pada hari Senin dan terakhir terlihat mengkonsolidasikan kerugiannya di sekitar $1.250.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik