Bantuan

Forex Hari Ini, 7 Desember

07/12/2022, 18:35

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Rabu, 7 Desember:

Aksi pasar yang berombak berlanjut pertengahan minggu karena investor menahan diri dari mengambil posisi besar menjelang pertemuan bank sentral yang sangat dinantikan minggu depan. Investor tetap berhati-hati meskipun keputusan China untuk menjauh dari kebijakan nol-Covid dan Dolar AS mempertahankan kekuatannya terhadap saingannya yang sensitif terhadap risiko. Kalender ekonomi Eropa akan menampilkan Produk Domestik Bruto kuartal ketiga. Di kemudian hari, data Produktivitas Nonpertanian dan Biaya Tenaga Kerja Unit kuartal ketiga dari AS akan dicermati untuk dorongan baru. Terakhir, Bank of Canada (BOC) akan mengumumkan keputusan suku bunga dan merilis pernyataan kebijakan moneter.

China mengumumkan pada hari sebelumnya bahwa kasus positif dengan gejala ringan atau tanpa gejala akan diizinkan untuk dikarantina di rumah selama tujuh hari. "Segala bentuk kontrol mobilitas tidak boleh diterapkan," kata pemerintah China dalam sebuah pernyataan dan menjelaskan bahwa pengujian PCR massal sebagian besar akan ditinggalkan dan dibatasi untuk rumah sakit, panti jompo, dan sekolah. Terlepas dari perkembangan ini, Indeks Komposit Shanghai turun 0,4% dan Indeks Hang Seng Hong Kong turun hampir 2%. Sementara itu, indeks saham berjangka AS diperdagangkan datar pada hari ini setelah penurunan dua hari yang terlihat di indeks utama Wall Street.

USD/CAD naik ke tertinggi bulanan 1,3677 pada hari Selasa dan ditutup di wilayah positif untuk hari perdagangan keempat berturut-turut. Selain penguatan Dolar AS berbasis luas, penurunan harga minyak mentah memberikan dorongan bagi pasangan ini dengan membebani Dolar Kanada yang sensitif terhadap komoditas . Dewan Komisaris diperkirakan akan menaikkan suku bunga kebijakan sebesar 50 basis poin menjadi 4,25%. Beberapa ahli melihat Dewan Komisaris memilih kenaikan 25 bps yang lebih kecil. Dalam pernyataan kebijakan sebelumnya, Dewan Komisaris menetapkan tingkat terminal pada 4,25% dan kenaikan 50 bps akan mengakhiri siklus pengetatan bank.

EUR/USD terus melemah pada penutupan di wilayah negatif pada hari Selasa sebelum masuk ke fase konsolidasi di sekitar 1,0450 Rabu pagi. Data dari Jerman mengungkapkan bahwa Produksi Industri mengalami kontraksi sebesar 0,1% secara bulanan di bulan Oktober, mengalahkan ekspektasi pasar untuk penurunan sebesar 0,5%.

GBP/USD tetap tertekan dan terus meregang lebih rendah menuju 1,2100 di pagi Eropa. Harga Rumah Halifax turun 2,3% setiap bulan di bulan November tetapi data ini tidak banyak berdampak pada kinerja Pound Sterling terhadap para pesaingnya. 

USD/JPY mempertahankan momentum bullishnya pada Rabu pagi dan naik di atas 137,00. Anggota Dewan Bank of Japan (BoJ) Toyoaki Nakamura mengatakan pada hari sebelumnya bahwa akan terlalu dini untuk men-tweak kebijakan moneter sekarang dengan harga layanan tetap rendah.

Biro Statistik Australia melaporkan selama jam perdagangan Asia bahwa PDB Australia tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 5,9% pada kuartal ketiga, jauh dari ekspektasi pasar sebesar 6,3%. AUD/USD melemah setelah data dan terakhir terlihat diperdagangkan sedikit di bawah 0,6700.

Harga emas ditutup hampir tidak berubah di sekitar $1.770 pada hari Selasa karena penurunan imbal hasil obligasi Treasury AS membantu XAU/USD bertahan meskipun Dolar AS menguat. Pasangan ini terus berfluktuasi dalam kisaran sempit di dekat $1.770 Rabu pagi.

Bitcoin memperluas penggilingannya mendekati $17.000 menjadi hari ketujuh berturut-turut pada hari Rabu. Ethereum berjuang untuk menemukan permintaan dan kehilangan lebih dari 3%, mendekati $1.200.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik