Bantuan

Preview Jelang Laporan Pekerjaan Canada

08/04/2022, 16:10

Perkiraan perekrutan akan melambat menjadi 80.000 setelah 336.600 Februari. Pengangguran diperkirakan naik ke 5,4% dari 5,5%, partisipasi tenaga kerja stabil di 65,4%. Inflasi akan mendorong Bank of Canada untuk kenaikan 0,5% pada pertemuan 13 April.

Pemulihan pekerjaan Ottawa selesai. Perusahaan Kanada telah menambahkan lebih dari setengah juta pekerjaan di luar hilangnya pandemi dua tahun lalu. Tingkat pengangguran mendekati level terendah lima dekade dan tingkat partisipasi berada dalam sebagian kecil dari level Januari 2020.

80.000 pekerja baru lainnya diharapkan pada bulan Maret, menyusul kenaikan mengejutkan di bulan Februari sebesar 336.000. Tingkat pengangguran akan turun menjadi 5,4% dari 5,5% dan tingkat partisipasi diperkirakan tidak akan berubah pada 65,4%, hanya 0,2 poin persentase di bawah tingkat akhir pra-pandemi. Upah Per Jam Rata-rata adalah 3,3% lebih tinggi untuk tahun ini di bulan Februari.

Kekuatan pasar tenaga kerja adalah salah satu alasan Bank of Canada (BoC) adalah bank sentral besar pertama yang mengakhiri pembelian obligasi pandemi Oktober lalu. Bukan kebetulan bahwa Oktober adalah bulan terakhir dari kehilangan pekerjaan akibat pandemi digantikan. BoC juga merupakan bank sentral besar pertama yang mengakhiri akomodasi suku bunga ketika Gubernur Tiff Macklem menaikkan suku bunga overnight sebesar 0,25% menjadi 0,5% pada 26 Januari, hampir tiga bulan sebelum Federal Reserve menghentikan program dukungan ekonominya sendiri.

Ekonomi Kanada

Inflasi Kanada telah meningkat lebih dari dua kali lipat dalam 12 bulan dari 2,2% pada Maret tahun lalu menjadi 5,7% pada Februari ini, hampir tertinggi dalam tiga dekade. Indeks inti Dewan Komisaris telah melonjak, lebih dari tiga kali lipat dari 1,4% menjadi 4,8%.

Harga industri dan bahan baku meningkat pesat, masing-masing 3,1% dan 6% di bulan Maret, memastikan tekanan yang meningkat di jalur manufaktur.

Pertumbuhan ekonomi telah kuat rata-rata 0,4% bulanan selama setengah tahun terakhir. Permintaan konsumen rebound dengan kenaikan 3,2% dalam Penjualan Ritel di bulan Januari menyusul penurunan 2%% di bulan Desember. Penjualan rata-rata kuat 0,8% bulanan sejak Juli.

Survei triwulanan bank terhadap ekonomi melaporkan bahwa empat perlima perusahaan mengatakan mereka akan mengalami kesulitan memenuhi permintaan, sebuah rekor. Sekitar 70% eksekutif mengharapkan harga naik lebih dari 3% untuk dua tahun ke depan dan antisipasi kenaikan upah tersebar luas.

“Jumlah perusahaan yang melaporkan tekanan kapasitas terkait tenaga kerja atau tantangan rantai pasokan berada pada rekor tertinggi,” kata Dewan Komisaris dalam surveinya. “Karena tekanan kapasitas yang terus-menerus dan permintaan yang kuat, perusahaan mengharapkan pertumbuhan yang signifikan dalam upah, harga input, dan harga output.”

Pasar tenaga kerja yang ketat dan inflasi telah meningkatkan permintaan pekerja untuk upah yang lebih tinggi, menambah tekanan pada perusahaan untuk menaikkan harga.

Bank Kanada

BoC secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga semalam sebesar 0,5% pada 13 April, membawanya ke 1,0%, dan akan terus 3% atau lebih tinggi selama tahun depan. Ini akan menjadi salah satu pengetatan kebijakan tercepat dalam 30 tahun terakhir dan kenaikan setengah poin pertama sejak tahun 2000. Pasar telah memperkirakan peluang hampir 80% untuk kenaikan 50 basis poin.

Keenam bank komersial utama Kanada, Canadian Imperial Bank of Commerce, National Bank of Canada, Toronto-Dominion, Bank of Montreal, Bank of Nova Scotia dan Royal Bank of Canada, telah menyerukan kenaikan 0,5%. atau mengatakan mereka mengharapkan satu minggu depan.

Kesimpulan Pasar

Laporan ketenagakerjaan Kanada telah menjadi renungan karena pasar telah berfokus pada inflasi dan respons Dewan Komisaris. Tidak ada hasil yang mungkin untuk angka Maret dari Statistics Canada yang akan mengubahnya.

USD/CAD sebagian besar mengabaikan kebijakan suku bunga BoC dan Federal Reserve karena, meskipun waktu kenaikan bergantian bervariasi, arah dan kemungkinan titik akhir sama.

Invasi Rusia ke Ukraina dan meningkatnya dan memudarnya perdagangan aman terhadap dolar AS telah menjadi motif utama pergerakan USD/CAD selama enam minggu terakhir, dengan campuran harga minyak mentah sesekali.

Rilis risalah pertemuan Fed bulan Maret pada hari Rabu merinci rencana bank untuk mengurangi neraca sebesar $95 miliar per bulan. Meskipun penurunan telah lama diharapkan, dimasukkannya dalam menit adalah kejutan kecil dan memberikan dolar AS dorongan di semua pasangan utama.

USD/CAD melihat kenaikan dolar AS terbesar karena West Texas Intermediate (WTI) turun 4,2% hari ini dan ditutup pada $96,19, level terendah dalam tiga minggu.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik