Bantuan

Sentimen Konsumen Australia Turun

09/08/2022, 10:25

Ukuran sentimen konsumen Australia tetap negatif selama sembilan bulan berturut-turut pada Agustus karena kenaikan inflasi dan suku bunga, ditambah dengan pandangan suram tentang biaya hidup mengurangi sentimen terhadap ekonomi.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Westpac Banking Corp menunjukkan indeks sentimen konsumen turun 3% pada Agustus ke posisi terendah yang terakhir terlihat selama pandemi COVID pada 2020. Inflasi tampaknya menjadi kontributor terbesar untuk tren turun ini.

Angka tersebut muncul kurang dari seminggu setelah bank sentral Australia menaikkan suku bunga, dan mengatakan akan terus melakukannya, memprediksi tingkat inflasi yang meningkat tahun ini. Bank diperkirakan akan menaikkan suku bunga setidaknya 50 basis poin selama pertemuan September.

Australia bergulat dengan lonjakan inflasi indeks harga konsumen tahun ini, dengan angka Juni mencapai 6,1% - level tertinggi sejak 2001. Tingkat inflasi hampir dua kali lipat tahun ini.

Kenaikan biaya bahan bakar dan makanan adalah penyumbang terbesar inflasi, dan telah sangat merusak sentimen konsumen. Akibatnya, peserta dalam survei Westpac lebih tidak yakin tentang pengeluaran besar untuk peralatan rumah tangga utama.

"Sangat tidak menyenangkan bahwa laju kenaikan harga ini telah meningkat dengan cepat," tulis Bill Evans, Kepala Ekonom di Westpac.

Pasar perumahan juga terus memburuk, dengan hanya sejumlah kecil responden yang mengatakan bahwa ini adalah “waktu yang tepat untuk membeli tempat tinggal”. Peserta yang memegang hipotek terutama terhalang oleh kenaikan suku bunga Reserve Bank baru-baru ini, kata Westpac, sementara sentimen di antara penyewa sedikit meningkat.

Di sisi lain, sentimen terhadap pasar tenaga kerja Australia tetap didukung, yang pada gilirannya membuat pengeluaran rumah tangga tetap stabil.

"Pasar pekerjaan yang dinamis bersama dengan neraca rumah tangga yang solid adalah penjelasan penting untuk pengeluaran rumah tangga yang tangguh saat ini meskipun kepercayaan diri memburuk," tulis Evans.

Secara terpisah, survei oleh National Australia Bank) menunjukkan bahwa kepercayaan bisnis sedikit meningkat pada bulan Agustus.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik