Bantuan

Dolar Australia Dan NZ Menguat

10/01/2022, 10:50

Dolar Australia dan Selandia Baru didorong lebih tinggi pada Senin karena mitra AS mereka mundur selangkah, meskipun penyebaran cepat virus corona di Australia memperumit prospek ekonomi dan suku bunga.

Aussie berdiri di $0,7196, setelah memantul dari palung dua minggu di $0,7130 pada hari Jumat. Ini menghadapi resistensi di sekitar $0,7200 dan penghalang utama di $0,7276 yang telah bertahan selama beberapa minggu sekarang.

Dolar kiwi naik tipis ke $0,6780 dan menjauh dari palung minggu lalu di $0,6733, tetapi sekali lagi menghadapi resistensi yang kuat di $0,6795 dan $0,6835.

Dolar AS mengalami aksi jual pada hari Jumat ketika angka penggajian bulan Desember meleset dari perkiraan, meskipun laporan lainnya cukup kuat untuk melihat pasar sebenarnya mempersempit peluang kenaikan bulan Maret dari Federal Reserve.

Futures juga hampir sepenuhnya dihargai untuk kenaikan suku bunga Juni dari Reserve Bank of Australia (RBA), meskipun bank sentral telah lama berpendapat bahwa langkah itu tidak mungkin sampai setidaknya 2023.

Menambah kasus untuk berhati-hati dalam pengetatan adalah ledakan kasus virus corona di Australia menjadi 100.000 lebih per hari, dibandingkan dengan hanya beberapa ribu sebulan yang lalu.

Spread telah meredam sentimen konsumen dengan ANZ melaporkan pengeluaran untuk kartunya mencapai level terendah sejak gelombang Delta menyebabkan penguncian di Sydney dan Melbourne.

"Kewaspadaan berada di tempat-tempat umum diperparah oleh kekurangan staf untuk menahan pengeluaran untuk makan, ritel, dan perjalanan," kata analis.

"Memang, total pengeluaran yang diamati ANZ di Sydney berada pada titik terendah sejak COVID dimulai."

Gelombang Omicron terbaru diperkirakan tidak akan mencapai puncaknya hingga akhir bulan ini, sekitar waktu RBA mengadakan pertemuan kebijakan pertama tahun ini pada 1 Februari.

Hal itu mungkin menjadi alasan bagi bank untuk memperpanjang kampanye pembelian obligasi hingga Mei daripada mengakhirinya sama sekali pada Februari seperti yang diperkirakan beberapa analis.

Banyak yang bisa bergantung pada hasil laporan pekerjaan Desember pada 20 Januari dan harga konsumen untuk kuartal keempat pada 25 Januari, di mana pembacaan yang kuat akan mendukung kasus untuk pembelian obligasi pada akhir Februari.

Penghentian Februari akan mendorong spekulasi pasar tentang kenaikan suku bunga bulan Juni, sementara perpanjangan hingga Mei akan membuat langkah segera setelah bulan Juni terlihat lebih kecil kemungkinannya.

AUD

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik