Bantuan

Preview Jelang Rilis Data CPI AS

10/11/2022, 13:00

Akankah Natal datang lebih awal? Itulah yang tampaknya diinginkan oleh investor, melompat pada kabar baik untuk bangkit dan membersihkan perkembangan yang menyedihkan. Reaksi terhadap laporan Indeks Harga Konsumen (IHK) yang sangat penting untuk bulan Oktober ditetapkan tidak berbeda. Dan mungkin lebih kuat.

Inilah mengapa analis mengharapkan reaksi yang kuat, dengan bias terhadap reli saham dan Dolar AS yang lebih lemah.

Mengapa inflasi adalah penggerak pasar yang besar

Federal Reserve fokus pada mandat stabilitas harga - membawa inflasi kembali turun. Itu telah menjadi perhatian #1 bagi pemilih menuju pemilihan paruh waktu. Sementara surat suara akan ditutup ketika data IHK dirilis, kenaikan harga yang tinggi akan tetap berada di kiri, kanan dan tengah untuk bank sentral. Lebih mudah ketika pasar tenaga kerja kuat.

Pekerjaan penuh adalah mandat kedua Fed, dan dengan kenaikan signifikan lainnya dari 261.000 pekerjaan di bulan Oktober, fokusnya adalah inflasi. Selain itu, laporan Nonfarm Payrolls menunjukkan bahwa upah naik pada kisaran yang sehat sebesar 0,4% MoM, menambah tekanan inflasi.

Tiga laporan CPI terakhir memicu reaksi pasar yang keras – sebuah reli dalam menanggapi data Juli dan crash dalam dua bulan berikutnya. Tidak ada alasan untuk mengharapkan hasil yang berbeda kali ini, terutama karena likuiditas telah turun. The Fed menarik uang dari pasar sebagai bagian dari pengetatannya.

Dalam keputusan terakhirnya, bank menaikkan suku bunga sebesar 75 bps menjadi 3,75-4%. Sementara itu membuka pintu untuk memperlambat laju kenaikan dalam pertemuan Desember mendatang, Ketua Fed Jerome Powell dan rekan-rekannya berjanji untuk melawan kenaikan harga, mencapai tingkat bunga puncak yang lebih tinggi. Level "terminal" itu sangat bergantung pada inflasi .

Pasar apa yang diharapkan

Karena bank sentral memiliki pengaruh yang terbatas pada barang-barang energi dan makanan yang ditetapkan secara global dan bergejolak, ia berfokus pada inflasi yang mendasarinya. Core CPI naik 0,6% dalam dua bulan terakhir, dan kalender ekonomi menunjukkan penurunan moderat 0,5%. Sementara inflasi inti tahunan naik ke 6,6% bulan lalu – tertinggi dalam 40 tahun – fokusnya adalah pada angka bulanan, yang seharusnya menunjukkan dampak pengetatan The Fed.

Manheim melaporkan penurunan tajam dua digit dalam harga kendaraan bekas . Clunkers berada di belakang kenaikan awal inflasi pada tahun 2021, dan masuk akal bagi mereka untuk turun. Di sisi lain, kenaikan harga sewa datang dengan lag. Perumahan menyumbang hampir sepertiga dari inflasi inti, dan tetap meningkat.

Tiga skenario

1) Sesuai ekspektasi: Peningkatan bulanan sebesar 0,5% masih akan mewakili peningkatan tahunan lebih dari 6%, jauh di atas target bank sebesar 2%. Di sisi lain, itu akan lebih rendah dari 0,6% yang tercatat dalam dua bulan terakhir. Bagaimana reaksi pasar terhadap 0,5%?

Di sinilah suasana pasar ikut bermain. China telah secara konsisten menyangkal desas-desus tentang melonggarkan kebijakan nol covid, namun dengan setiap penolakan resmi terhadap narasi ini, investor tampaknya mempercayainya. "Jangan pernah percaya rumor sampai secara resmi ditolak" – pepatah ini, terkait dengan Otto von Bismarck, tampaknya menjadi mantra pasar.

Reaksi pasar positif yang sama tampaknya beresonansi dengan reaksi terhadap Nonfarm Payrolls hari Jumat. Kenaikan kuat dalam pekerjaan dan upah tampaknya cukup untuk mendorong Dolar AS pada awalnya – tetapi itu tidak bertahan. Peningkatan tingkat pengangguran – menjadi hanya 3,7% – mungkin telah menjadi makanan bagi beruang Dolar.

Oleh karena itu, hasil IHK Inti 0,5%, yang akan menunjukkan inflasi yang mendasarinya masih panas, tidak akan cukup untuk menjatuhkan saham atau menopang Dolar. Pasar akan terguncang dan mungkin mencari kejutan dalam angka tahunan. Setelah beberapa saat, analis berharap narasi optimis akan menang, mendorong saham naik dan greenback turun.

2) Di bawah ekspektasi: Saya awalnya berpikir bahwa kenaikan bulanan sebesar 0,4% juga akan berada dalam perkiraan, karena mencerminkan tingkat tahunan sekitar 5%. Namun demikian, perilaku pasar baru-baru ini telah meyakinkan analis bahwa 0,4% akan menghibur pasar. Sebuah 0,3% akan lebih ceria – yang memicu kenaikan besar tiga bulan lalu.

Sementara satu bulan yang lemah dapat diberhentikan, The Fed mungkin lebih terbuka untuk berbicara tentang suku bunga yang lebih rendah setelah pemilihan selesai dan tekanan politik lebih lemah.

Untuk melihat inflasi yang jauh lebih rendah, komponen tempat tinggal harus tetap tenang dan barang-barang di luar industri otomotif harus mengalami diskon awal Black Friday.

Dolar akan memperpanjang kerugiannya dan semuanya akan diatur untuk "Reli Santa"

3) Di atas ekspektasi: Pengulangan 0,6% seperti dalam dua bulan terakhir atau mencapai puncak tahunan 0,7% seperti yang terlihat pada bulan Juni akan memberikan pukulan bagi pasar. Ini akan menghancurkan harapan dari tingkat terminal yang lebih rendah dan meningkatkan kemungkinan kenaikan 75 bps kelima berturut-turut pada bulan Desember.

Dalam skenario seperti itu, saham akan jatuh kembali dan Dolar akan merebut kembali tahtanya. Shelter adalah wildcard.

Pikiran terakhir

Analis percaya CPI Inti akan meleset dari perkiraan dan mencapai 0,3%, penurunan setelah dua bulan yang kuat. Namun, karena hasilnya bergantung pada angka yang halus, setiap kesepuluh penting. Berdaganglah dengan hati-hati dan turunkan leverage Anda di sekitar rilis penting ini.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik