Bantuan

Preview Data CPI AS

10/12/2021, 16:35

Harga konsumen Amerika, yang telah melonjak lebih banyak dalam dua belas bulan terakhir daripada kapan pun dalam 71 tahun terakhir, akan melompat lagi ke atas.

Indeks Harga Konsumen (IHK) diperkirakan naik menjadi 6,8% (YoY) di November dari 6,2% di Oktober.

Harga inti diperkirakan akan naik ke 4,9% per tahun dari 4,6% di bulan Oktober. Kenaikan bulanan diperkirakan 0,7% di tingkat headline dan 0,5% di inti.

Dari November 2020 hingga Oktober ini, CPI tahunan melonjak dari 1,2% menjadi 6,2%. Kenaikan 5% dalam setahun itu adalah keuntungan 12 bulan terbesar sejak resesi singkat pada tahun 1948-49, melihat CPI tahunan pulih dari -0,6% pada Mei 1950 menjadi 9,6% pada April 1951. Bahkan lonjakan harga yang luar biasa dari tahun 1973 sampai tahun 1975 dan dari tahun 1978 sampai 1980 hanya menghasilkan kenaikan masing-masing sebesar 4,1% dan 4,7%.

Faktor inflasi

Hasil terbaru dari harga produsen, upah, lapangan kerja dan bensin menunjukkan bahwa lonjakan harga konsumen tidak mereda.

The Producer Price Index , yang grafik biaya bahan untuk produsen, tidak berubah pada 8,6% tahun-ke-tahun pada bulan Oktober. Ini adalah eskalasi tertinggi dalam pengeluaran produsen dalam 13 tahun.

Pasar tenaga kerja tetap ketat. Pengangguran turun secara tak terduga menjadi 4,2% pada November dari 4,6%, 4,5% telah diperkirakan. Tingkat setengah pengangguran turun menjadi 7,8% dari 8,3%. Diprediksi akan naik menjadi 8,4%. Posisi yang tidak terisi dalam survei Pembukaan Pekerjaan dan Perputaran Tenaga Kerja (JOLTS) naik 595.000 di bulan Oktober menjadi 11,033 juta.

Pengusaha telah menawarkan upah yang lebih tinggi dan bonus penandatanganan di banyak industri karena kurangnya pekerja menghalangi banyak perusahaan untuk beroperasi penuh. Pesanan masuk yang kuat dan kekurangan tenaga kerja adalah salah satu alasan utama kelangkaan banyak produk konsumen.

Average Hourly Earnings (AHE) naik 4,8% pada tahun ini di bulan November, tidak berubah dari Oktober. Kenaikan upah telah melonjak dari 0,4% di bulan April. Keuntungan dari lima bulan terakhir bukanlah hasil dari efek dasar statistik dari tahun lalu. Rata-rata kenaikan upah tahunan dari Juli hingga November 2020 adalah 4,6%. Peningkatan tahun ini telah ditambahkan ke tingkat tinggi dari keuntungan yang ada. Kekurangan tenaga kerja kemungkinan akan membawa kenaikan upah lebih lanjut karena pengusaha bersaing untuk mendapatkan sedikit pekerja yang tersedia. Kesulitan perekrutan sangat akut dalam perdagangan terampil yang dibutuhkan untuk manufaktur.

Bensin merupakan salah satu input CPI yang stabil di bulan November. Satu galon bahan bakar biasa adalah $3,39 di awal bulan dan $3,38 di akhir.

Biaya produksi material yang lebih tinggi dan kenaikan upah, yang akan segera diteruskan oleh perusahaan kepada konsumen, menunjukkan bahwa tekanan ke atas pada harga eceran belum berkurang.

Federal Reserve dan pasar

Inflasi telah menjadi penyebab baru The Fed. Lewatlah sudah retorika efek sementara dan efek dasar yang begitu sering terjadi beberapa bulan yang lalu. Ketua Jerome Powell dan presiden dari beberapa bank regional telah cukup langsung mencatat bahwa waktu untuk kebijakan moneter yang lebih ketat telah tiba.

Imbal hasil Treasury telah pulih karena kepanikan Omicron yang mengguncang pasar pada 3 November telah menghilang. Pengembalian 10-tahun telah naik 17 basis poin menjadi 1,511% setelah ditutup pada 1,341% pada hari Jumat itu.

Dolar relatif stabil selama dua minggu terakhir karena para pedagang menunggu untuk melihat apakah kekhawatiran inflasi baru Fed akan disesuaikan dengan perubahan kebijakan dan prediksi pada pertemuan 15 Desember.

Pasar mengantisipasi tanggal akhir program obligasi akan dipindahkan beberapa bulan lebih dekat dari perkiraan Juni di November. Himpunan akhir proyeksi ekonomi dan tingkat untuk tahun 2021 diharapkan memberikan setidaknya dua kenaikan tingkat 0,25% pada paruh kedua tahun ini.

The Fed telah mempersiapkan pasar untuk perubahan kebijakan pada pertemuan minggu depan, harga konsumen hanya dapat membantu penyebabnya.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik