Bantuan

Emas Tergelincir

11/04/2022, 14:30

Harga emas tergelincir dalam perdagangan yang terikat pada kisaran pada hari Senin karena lonjakan imbal hasil Treasury mendorong dolar dan melawan kekhawatiran baru tentang perang di Ukraina, sementara paladium memperpanjang kenaikan didorong oleh keputusan London untuk memblokir perdagangan logam dari Rusia.

Spot gold turun 0,3% pada $1,941,71 per ounce, pada pukul 13.29 WIB, setelah mencapai level tertinggi lebih dari satu minggu di $1,949,32 pada hari sebelumnya. Emas berjangka AS datar di $1.942,00.

"Emas masih diperdagangkan menyamping dan itu mencerminkan arus yang saling bertentangan yang sedang kita amati. Masih ada kekhawatiran nyata tentang prospek geopolitik dan potensi eskalasi di Ukraina," kata analis.

"Pada saat yang sama, dolar AS yang lebih kuat dan potensi suku bunga yang lebih tinggi di seluruh dunia membatasi antusiasme untuk emas."

Indeks dolar AS naik setelah mencapai 100 untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun pada hari Jumat, didukung oleh prospek kenaikan suku bunga agresif oleh Federal Reserve AS untuk menahan inflasi yang melonjak.

Dolar yang lebih kuat membuat emas kurang menarik bagi pemegang mata uang lainnya.

Benchmark imbal hasil 10-tahun menambahkan tujuh basis poin lagi untuk mencapai tertinggi lebih dari tiga tahun di 2,77%, karena The Fed bersiap untuk memangkas kepemilikan asetnya dan menaikkan suku bunga secara tajam lebih tinggi.

Suku bunga dan imbal hasil AS yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan, yang juga digunakan sebagai lindung nilai terhadap kenaikan inflasi.

Pasukan Rusia menggempur target di Ukraina timur dengan rudal dan artileri pada hari Minggu, memberikan beberapa dukungan kepada logam safe-haven.

Palladium naik 2,6% pada $2.487,83 setelah mencapai level tertinggi lebih dari dua minggu di awal sesi.

Logam auto-katalis telah naik 8,6% pada hari Jumat setelah platinum dan paladium Rusia yang baru dimurnikan ditangguhkan dari perdagangan di London, pusat perdagangan logam terbesar.

Spot perak turun 0,2% menjadi $24,69 per ounce dan platinum naik 0,5% menjadi $979,97.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik