Bantuan

Preview Jelang Indeks Sentimen Michigan AS

12/08/2022, 14:20

Sentimen Konsumen diperkirakan akan meningkat lebih lanjut di bulan Agustus. Pelaku pasar menjadi optimis di tengah tanda-tanda penurunan inflasi AS. USD kemungkinan akan bereaksi terhadap sentimen alih-alih laporan Michigan.

Indeks Sentimen Konsumen Michigan diperkirakan telah meningkat lebih lanjut pada Agustus setelah jatuh ke rekor terendah 50 pada Juni 2022. Indeks berhasil melambung ke 51,1 pada Juli, angka yang kemudian direvisi menjadi 51,5. Analis pasar mengharapkan perkiraan awal Agustus ini untuk mencetak di 52,5. Peningkatan seperti itu akan menambah bantuan yang berkelanjutan yang dibawa oleh angka inflasi AS.

Inflasi mereda, optimisme meningkat

Bulan lalu, dan menurut survei yang disebutkan di atas, konsumen khawatir tentang penurunan standar hidup karena tekanan harga yang terus berlanjut. Pada saat yang sama, ekspektasi inflasi mereda di bulan Juli, entah bagaimana dikonfirmasi oleh Indeks Harga Konsumen, yang tetap datar di bulan tersebut, dan meningkat sebesar 8,5% YoY, jauh lebih baik dari 9,5% sebelumnya.

Ekspektasi bahwa inflasi mulai mereda kemungkinan akan mendorong konsumsi, apalagi mengingat Federal Reserve sekarang terlihat memperlambat laju pengetatan kuantitatifnya. Kelemahannya adalah bahwa inflasi perlu menyusut setidaknya selama dua bulan berturut-turut untuk mengkonfirmasi puncak dan bahwa AS secara teknis dalam resesi. Fakta bahwa The Fed mungkin tidak perlu lagi menaikkan suku bunga secara agresif menghilangkan tekanan pertumbuhan.

Kemungkinan reaksi USD terhadap berita tersebut

Efek dari data AS yang optimis akan membutuhkan waktu untuk terlihat di rumah tangga, tetapi dengan cepat tercermin di pasar keuangan. Keyakinan yang optimis akan menghasilkan lebih banyak kebaikan daripada hal buruk yang bisa dilakukan oleh angka yang lembut. Namun, laporan tersebut akan mempengaruhi sentimen, dengan yang terakhir memberikan arah ke greenback.

Pembacaan yang lebih baik dari perkiraan akan lebih mendukung Wall Street dan membebani mata uang Amerika, terutama terhadap saingan berimbal hasil tinggi. Skenario kasus sebaliknya memiliki beberapa peluang untuk memukul ekuitas tetapi bisa memaksa beberapa aksi ambil untung menjelang akhir pekan. Indeks AS kemudian dapat mundur dari tertinggi dan membantu greenback untuk memangkas beberapa penurunan baru-baru ini.

Dalam skenario dolar yang melemah, pasangan AUD/USD tampaknya menjadi pasangan dengan peluang reli yang lebih baik. Pasangan ini akhirnya mengambil alih retracement 61,8% dari penurunan Juni/Juli di 0,7050, dan selama level tersebut bertahan, ada ruang untuk retracement lengkap menuju puncak kisaran di 0,7282. Di sisi lain, di bawah support tersebut dapat mengakibatkan penurunan menuju support Fibonacci berikutnya di 0.6980.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik