Bantuan

Preview Jelang Risalah FOMC

16/02/2022, 16:35

Risalah Rapat FOMC cenderung bertentangan dengan nada yang ditetapkan dalam rapat. Bertentangan dengan pesan hawkish asli, merpati mungkin memiliki keunggulan dalam dokumen. Ekspektasi kenaikan suku bunga yang lebih rendah dapat membebani dolar, didorong oleh data AS yang kuat.

Keputusan diberikan, risalah diambil – sementara protokol dari risalah rapat Federal Reserve disesuaikan untuk mengirim pesan ke pasar, mereka juga memiliki catatan yang jelas di pasar yang mengejutkan dengan nada yang berbeda dari pesan yang disampaikan pada sikap keputusan pasca suku bunga .

Pada bulan September, November dan Desember 2021, Ketua Fed Jerome Powell relatif dovish dalam kesaksian resmi, penampilan publik, dan konferensi pers yang disebutkan sebelumnya. Hawks di bank sentral membuat diri mereka didengar dalam berbagai wawancara tetapi tampaknya memudar ke bayang-bayang di sekitar keputusan Fed.

Namun, para pejabat yang senang dengan kenaikan itu melompat kembali ke garis depan dalam risalah rapat, mendukung laju kenaikan suku bunga yang lebih cepat, awal yang lebih cepat untuk mengurangi pembelian obligasi – atau akhir yang lebih cepat dari proses itu. Kali ini, logika yang sama mungkin berlaku, tetapi mendukung merpati.

Latar belakang Risalah Rapat
Rilis yang akan datang mengacu pada pertemuan 26 Januari 2022, di mana Powell secara mengejutkan mengungkapkan pandangan hawkish. Dia menolak untuk mengesampingkan kenaikan suku bunga dengan dosis ganda 50 bps pada bulan Maret, membiarkan pintu terbuka untuk menaikkan biaya pinjaman di setiap pertemuan, dan juga memungkinkan penjualan cepat obligasi yang diakumulasikan oleh bank.

Sejak itu, data telah mendukung pandangannya. Ekonomi memperoleh 467.000 pekerjaan pada Januari, tiga kali lipat dari perkiraan awal dan inflasi mencapai puncak 40 tahun lagi di 7,5% YoY bulan lalu.

Itu sudah cukup untuk meyakinkan pasar bahwa kenaikan suku bunga dosis ganda memiliki peluang lebih baik daripada pergerakan standar 25 bps di bulan Maret.

Namun, beberapa rekannya – seperti Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic – telah mengecilkan kemungkinan pergerakan suku bunga 50 bps pada bulan Maret. Bahkan Presiden Fed St. Louis James Bullard – di ujung ekstrim dari spektrum hawkish – tidak melihat langkah awal yang kuat sebagai suatu keharusan.

Itu menyiratkan pasar melebih-lebihkan siklus kenaikan suku bunga Fed. Notulen rapat dapat mencerminkan sikap yang lebih tenang. Pendekatan yang lebih bergantung pada data seperti itu akan mendorong ekspektasi lebih rendah dan menyeret greenback ke bawah bersamanya.

Kesimpulan
Terlepas dari kecenderungan The Fed untuk menyeimbangkan pesannya dalam hitungan menit, bank sentral paling kuat di dunia juga memperhatikan apa yang terjadi di Wall Street. Sementara mengeluarkan buih dari saham teknologi dapat dilihat sebagai repricing yang sangat dibutuhkan, pasar bearish yang luas tidak diragukan lagi adalah sesuatu yang ingin dihindari oleh Fed. Itulah alasan lain untuk mengirim pesan yang menenangkan.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik