Bantuan

Pekerjaan Australia Melonjak

16/12/2021, 11:10

Ketenagakerjaan Australia melampaui semua ekspektasi pada November ketika penguncian virus corona dicabut, mendorong tingkat pengangguran turun tajam dalam dorongan besar bagi prospek ekonomi.

Kejutan terbalik datang tepat ketika kepala Reserve Bank of Australia (RBA) membuka pintu untuk mengakhiri lebih awal pembelian obligasi jika pemulihan melampaui ekspektasi.

Data Kamis dari Biro Statistik Australia tentu memenuhi kriteria itu dengan lapangan kerja melonjak ke rekor 366.100 pada November, melampaui perkiraan pasar rebound 205.000.

Peningkatan tajam 4,5% dalam jam kerja juga menunjukkan rebound kuat dalam pertumbuhan ekonomi setelah kontraksi yang didorong Delta pada kuartal ketiga.

Tingkat pengangguran turun menjadi 4,6%, dari 5,2% pada Oktober, jauh di bawah perkiraan 5,0%. Penurunan terjadi bahkan ketika lebih banyak orang pergi mencari pekerjaan, mendorong tingkat partisipasi hingga 66,1% dan kembali mendekati puncak pra-pandemi.

Kinerja yang lebih baik itu juga menunjukkan RBA harus meningkatkan perkiraannya mengingat pengangguran tidak akan mencapai 4,5% hingga pertengahan tahun depan.

"Adalah adil untuk mengatakan bahwa pasar tenaga kerja telah pulih dari penguncian," kata analis.

"Pemulihan yang luar biasa menunjukkan RBA akan mengakhiri pembelian asetnya sama sekali pada bulan Februari."

Bank sentral saat ini membeli A$4 miliar ($2,87 miliar) obligasi pemerintah seminggu sebagai bagian dari kampanye pelonggaran kuantitatif dan telah berupaya menguranginya pada Februari sebelum mengakhiri pembelian pada Mei.

Pengakhiran awal program akan menggemakan keputusan Federal Reserve AS untuk menghentikan pembeliannya pada bulan Maret, meskipun RBA masih bersikeras kenaikan suku bunga yang sebenarnya tidak mungkin terjadi pada tahun 2022.

"Kami tidak terburu-buru untuk menaikkan suku bunga," kata Gubernur RBA Philip Lowe sebelumnya pada hari Kamis, dengan alasan bahwa inflasi dan pertumbuhan upah di Australia masih jauh di bawah tingkat AS dan hanya naik perlahan.

Pasar keuangan memiliki ide lain, dengan harga berjangka penuh untuk kenaikan menjadi 0,25% pada bulan Juni dan suku bunga mendekati 1,0% pada akhir tahun.

Data permintaan tenaga kerja tampaknya mendukung pasar dengan iklan pekerjaan melonjak 15% pada Oktober dan November mencapai tertinggi 13 tahun, lebih dari 40% pada tingkat pra-pandemi.

Perusahaan juga semakin mengeluhkan kurangnya pekerja yang sesuai, sebagian karena perbatasan Australia tetap tertutup bagi migran dan backpacker.

AUD

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik