Bantuan

Hawkish ECB Dorong Pembeli Untuk EUR/USD

16/12/2022, 14:40

Pasangan EUR/USD mengalami perubahan harga dua arah yang baik pada hari Kamis dan akhirnya menetap di dekat ujung bawah kisaran hariannya, mundur hampir 150 pip dari puncak enam bulan. Mata uang bersama menguat di seluruh bursa setelah Bank Sentral Eropa (ECB) menyampaikan kenaikan suku bunga 50 bp yang diantisipasi secara luas, membawa suku bunga utamanya ke level tertinggi sejak tahun 2008. Dalam pernyataan kebijakan yang menyertainya, ECB bernada hawkish dan mengindikasikan bahwa mereka perlu menaikkan biaya pinjaman secara signifikan lebih lanjut untuk menjinakkan inflasi. Bank sentral mencatat bahwa inflasi masih terlalu tinggi dan diproyeksikan akan bertahan terlalu lama di atas target.

Berdasarkan proyeksi ekonomi baru, inflasi diperkirakan akan mencapai 8,4% pada tahun 2022, kemudian turun menjadi 6,3% pada tahun 2023, 3,4% pada tahun 2024, dan 2,3% pada tahun 2025. Inflasi inti, tidak termasuk energi dan makanan, diproyeksikan berada di 3,9% pada tahun 2022, 4,2% pada tahun 2023, 2,8% pada tahun 2024, dan kemudian turun menjadi 2,4% pada tahun 2025. ECB juga mengatakan bahwa mereka akan mulai mengurangi neraca keuangannya sebesar €15 miliar per bulan rata-rata mulai awal Maret 2023. Dampaknya segera dirasakan oleh peminjam terlemah Zona Euro, mendorong imbal hasil obligasi 10-tahun Italia lebih tinggi sebesar 31 bp - perubahan satu hari terbesar sejak Maret 2020. Hal ini, bersama dengan risiko resesi yang membayangi, bertindak sebagai penghambat untuk Euro.

Selain itu, pemulihan perdagangan harian Dolar AS yang solid dari level terendah sejak 10 Juni, didukung oleh kombinasi faktor-faktor, berkontribusi untuk membatasi pasangan EUR/USD. The Fed pada hari Rabu mengisyaratkan bahwa mereka akan terus menaikkan suku bunga untuk menghancurkan inflasi. Faktanya, apa yang disebut dot plot memproyeksikan setidaknya kenaikan 75 bp tambahan dalam biaya pinjaman pada akhir tahun 2023 dan tingkat terminal naik menjadi 5,1%. Hal ini, bersama dengan gelombang baru perdagangan penghindaran risiko global, memberikan dorongan kuat untuk Dolar AS safe-haven. Prospek pengetatan kebijakan lebih lanjut oleh bank sentral utama menambah kekhawatiran tentang penurunan ekonomi global yang lebih dalam dan membebani sentimen investor.

Pasangan EUR/USD menarik penjualan agresif di dekat wilayah 1,0735, meskipun menunjukkan ketahanan di bawah angka 1,0600. Karena volatilitas pasca-Fed/ECB mereda, harga spot berhasil mendapatkan kembali beberapa traksi positif selama sesi Asia pada hari Jumat dan naik kembali ke pertengahan 1,0600-an. Fokus pasar saat ini bergeser ke rilis IMP awal dari Zona Euro dan AS. Selain itu, sentimen risiko yang lebih luas akan mendorong permintaan USD dan memungkinkan para pedagang untuk mengambil peluang jangka pendek pada hari terakhir minggu ini.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik