Bantuan

AUD/USD Tembus 0.73000

17/03/2022, 09:25

AUD/USD melanjutkan kenaikan harian terbesar dalam 16 bulan setelah laporan lapangan pekerjaan Australia. Perubahan lapangan pekerjaanAustralia, Tingkat Pengangguran keduanya menunjukkan angka yang optimis untuk bulan Februari. Selera risiko sebagian besar tetap positif di tengah kemajuan dalam pembicaraan damai Ukraina-Rusia, penolakan Kyiv terhadap netralitas bertindak sebagai halangan. Pemulihan dalam kondisi COVID di Tiongkok dan dorongan langkah-langkah untuk meningkatkan ekonomi juga menguntungkan para pembeli Australia.

AUD/USD menyegarkan tertinggi intraday ke 0,7305 menyusul ketukan kuat dari laporan lapangan pekerjaan Australia untuk Februari selama sesi Asia Kamis. Yang juga mendukung pasangan barometer risiko ini adalah sentimen yang agak positif di pasar, terutama karena sejumlah berita utama dari Ukraina dan Tiongkok.

Tingkat Pengangguran utama Australia turun ke 4,0%, di bawah 4,1% yang diharapkan dan 4,2% sebelumnya, sedangkan Perubahan Ketenagakerjaan naik melewati perkiraan pasar 37 Ribu dan 12,9 Ribu pembacaan sebelumnya menjadi 77,4 Ribu.

Selain laporan lapangan pekerjaan Australia yang optimis, optimisme yang hati-hati di pasar dan sinyal positif baru-baru ini dari data terbaru Tiongkok, yang merupakan pelanggan Australia, juga mendukung kenaikan AUD/USD.

Pada hari Rabu, pembicaraan terkait kompromi diplomatik antara Rusia dan Ukraina awalnya memicu sentimen risk-on sebelum berita yang menunjukkan kebuntuan pada netralitas Kyiv yang diusulkan. Perintah Mahkamah Internasional kepada Rusia untuk menangguhkan invasi Ukraina menambah risiko tantangan bagi pembicaraan damai, serta sentimen pasar. Baru-baru ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berharap bantuan sekutu untuk mengendalikan lalu lintas udara pesawat militer Rusia.

Perlu dicatat bahwa surutnya masalah COVID-19 di Tiongkok, karena meredanya penilaran harian pada hari Rabu, bergabung dengan dorongan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He atas langkah-langkah untuk meningkatkan ekonomi pada kuartal pertama (Q1) akan menjaga selera risiko lebih kuat.

Sebaliknya, kenaikan suku bunga 0,25% Federal Reserve AS (The Fed) dan ekspektasi tujuh kenaikan suku bunga lainnya selama 2022, ditambah dengan perkiraan inflasi yang direvisi ke atas, menantang sentimen pasar dan harga AUD/USD.

Dengan latar belakang ini, Wall Street mencatat hari positif lainnya sedangkan imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun menyegarkan level tertinggi dalam dua tahun sebelum mundur ke 2,172% baru-baru ini. Dengan itu, Kontrak Berjangka S&P 500 mencetak kenaikan intraday sebesar 0,20% sementara mencapai harga 4.365 pada saat berita ini ditulis.

Selanjutnya, pembaruan COVID baru dari Tiongkok akan menawarkan petunjuk arah segera bagi pasangan AUD ini sementara data tingkat kedua dari AS akan menghibur para pedagang pasangan mata uang ini setelahnya. Di atas segalanya, berita utama dari Ukraina sangat penting untuk perkiraan tren jangka pendek.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik