Bantuan

Pengangguran Inggris Turun

17/05/2022, 17:50

Tingkat pengangguran Inggris turun ke level terendah sejak 1974 dalam tiga bulan pertama tahun ini, tetapi melonjaknya inflasi menyebabkan penurunan tahunan terbesar dalam pendapatan riil bagi sebagian besar pekerja sejak 2013, angka resmi menunjukkan pada Selasa.

Tingkat pengangguran turun menjadi 3,7% dari 3,8% - di bawah perkiraan dalam jajak pendapat Reuters agar tetap stabil - dan jumlah orang yang kehilangan pekerjaan kurang dari lowongan pekerjaan yang ditawarkan untuk pertama kalinya dalam catatan.

"Meskipun terjadi perlambatan pertumbuhan Maret ini, pasar tenaga kerja Inggris tetap panas dengan rekor lowongan dan perpindahan pekerjaan ke pekerjaan," direktur Konfederasi Industri Inggris untuk orang dan keterampilan, kata analis.

Bank of England mengawasi kekuatan pasar tenaga kerja Inggris dengan hati-hati, karena khawatir bahwa pertumbuhan gaji yang lebih tinggi dari normal adalah saluran utama di mana lonjakan inflasi yang didorong oleh energi saat ini mungkin akan mengakar.

Inflasi harga konsumen adalah 7,0% pada bulan Maret dan angka resmi yang akan dirilis pada hari Rabu diperkirakan akan mencapai 9,1% pada bulan April ketika kenaikan tarif energi sebesar 54% mulai berlaku.

BoE mengharapkan kenaikan harga lebih lanjut akan mendorong ekonomi mendekati resesi pada akhir tahun, mendorong pengangguran.

Data hari Selasa menunjukkan gaji yang melonjak di beberapa sektor - dengan total pembayaran mencapai rekor 9,9% di bulan Maret saja - tetapi imbalan dari pasar tenaga kerja yang ketat tidak terdistribusi secara merata.

Bankir dan pembangun bekerja dengan sangat baik, sementara pekerja sektor publik menghadapi tekanan gaji terbesar.

Total gaji pada kuartal pertama naik 7,0% pada tahun sebelumnya, jauh di atas perkiraan rata-rata ekonom dari kenaikan 5,4% karena perusahaan menggunakan bonus untuk menarik atau mempertahankan staf. Gaji reguler naik hanya sedikit lebih dari yang diharapkan, naik 4,2%.

Disesuaikan dengan inflasi, gaji pokok adalah 2,0% lebih rendah dari tahun lalu, penurunan terbesar sejak tiga bulan hingga September 2013.

Gubernur Andrew Bailey mengatakan penurunan standar hidup tidak dapat dihindari karena kejutan harga energi, dan bahwa dorongan luas untuk upah yang lebih tinggi akan secara tidak proporsional menguntungkan pekerja yang sudah berada dalam posisi kuat di pasar kerja.

Sifat kenaikan upah yang tidak merata akan memberikan jeda bagi BoE untuk memikirkan tentang menaikkan suku bunga, yang diperkirakan pasar keuangan akan mencapai 2,0-2,25% pada akhir tahun, kata analis.

"Angka-angka ini seharusnya tidak membuat MPC panik tentang pertumbuhan upah," katanya.

Kekuatan pasar tenaga kerja datang meskipun ekonomi mengalami stagnasi di bulan Februari dan Maret.

Jumlah orang yang bekerja naik 83.000 pada kuartal pertama tahun ini tetapi 444.000 di bawah level sebelum pandemi COVID-19, sebagian besar mencerminkan peningkatan penyakit jangka panjang dan pensiun dini.

Namun, data Selasa membawa tanda-tanda tentatif bahwa ini mungkin mulai berbalik, dengan jumlah terbesar orang yang berpindah dari 'tidak aktif' ke bekerja sejak pencatatan ini dimulai pada 2001.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik