Bantuan

Angka Pengangguran Australia Turun

19/05/2022, 12:35

Pengangguran Australia turun ke level terendah dalam hampir 50 tahun karena perekrutan terus berlanjut, menunjukkan pemulihan kuat pasar tenaga kerja akan mendorong Reserve Bank untuk memberikan kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Ketenagakerjaan naik 4.000 pada April dari bulan sebelumnya, karena lonjakan peran penuh waktu sebagian terkikis oleh penurunan posisi paruh waktu, data Biro Statistik Australia menunjukkan Kamis. Pengangguran turun menjadi 3,9%, sesuai dengan perkiraan, sementara partisipasi pasar tenaga kerja turun menjadi 66,3%.

"Terakhir kali tingkat pengangguran lebih rendah dari ini pada Agustus 1974, ketika survei dilakukan setiap triwulan," kata Bjorn Jarvis, kepala statistik tenaga kerja di ABS.

Dolar Australia sedikit berubah dan diperdagangkan pada 69,64 sen AS pada 11:40 di Sydney. Imbal hasil obligasi pemerintah tiga tahun turun tipis menjadi 2,838%.

Kekuatan di pasar tenaga kerja Australia adalah alasan utama mengapa bank sentral negara itu memperkirakan pertumbuhan upah akan meningkat menjadi 3% tahun ini dari 2,4% sekarang, memungkinkannya untuk memperpanjang siklus pengetatan suku bunga yang dimulai bulan ini.

Pertumbuhan Upah Lembut Australia Memvalidasi Sikap Hati-hati RBA

RBA menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 0,35% pada 3 Mei, kenaikan pertama dalam 11-1/2 tahun, dan mengindikasikan kenaikan lebih lanjut dalam prospek. Penetapan harga pasar keuangan menunjukkan peningkatan sebesar 40 basis poin di bulan Juni diikuti oleh kenaikan setiap bulan hingga Desember.

Jika itu terjadi, tingkat uang tunai akan mencapai 2,7% pada akhir tahun, beban berat bagi rumah tangga Australia yang berhutang banyak.

Namun, Perdana Menteri Scott Morrison akan menggunakan kekuatan laporan hari ini untuk meningkatkan kepercayaan ekonomi pemerintah kanan-tengahnya saat mengajukan tawaran untuk masa jabatan keempat dalam pemilihan pada hari Sabtu. Oposisi Partai Buruh memiliki keunggulan yang jelas dalam jajak pendapat, meskipun dua survei minggu ini menunjukkan bahwa itu menyempit.

Buruh mendukung kenaikan gaji yang lebih besar untuk pekerja, menunjukkan ekonomi mencatat penurunan terbesar dalam upah riil dalam dua dekade dalam tiga bulan pertama tahun ini.

AUD

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik