Bantuan

Forex Hari Ini, 20 Desember

20/12/2021, 16:35

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Senin, 20 Desember:

Dengan tidak adanya pertemuan bank sentral, persepsi risiko mendominasi pasar keuangan di awal minggu. Jumlah kasus Omicron yang melonjak secara global dan meningkatnya kekhawatiran atas pembatasan yang diperketat memicu penerbangan ke tempat yang aman pada hari Senin. Tidak akan ada rilis data berdampak tinggi yang ditampilkan dalam kalender ekonomi untuk sisa hari ini dan pelaku pasar akan terus mengawasi berita utama seputar virus corona.

Selama akhir pekan, Belanda telah mengumumkan akan melakukan penguncian ketat selama empat minggu untuk membatasi penyebaran varian Omicron. Pada hari Minggu, Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid mengatakan kepada BBC bahwa pembatasan yang lebih ketat tidak dapat dikesampingkan sebelum Natal. Demikian pula, Menteri Ekonomi Jerman Habeck mencatat bahwa penguncian penuh tidak akan diperlukan di Jerman tetapi mereka perlu memberlakukan langkah-langkah pembatasan tambahan.

Sementara itu, Senator Demokrat AS Joe Manchin mengumumkan bahwa dia tidak akan memilih Undang-Undang Membangun Kembali Lebih Baik Presiden AS Biden, mengakhiri negosiasi pada versi undang-undang saat ini.

Mencerminkan lingkungan pasar yang menghindari risiko, Shanghai Composite Index China kehilangan lebih dari 1%, Indeks Nikkei 225 terhapus 2,13% dan saham berjangka AS turun lebih dari 1% di awal sesi Eropa. Benchmark imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun turun 2,8% pada 1,366 dan menyulitkan greenback untuk membangun kenaikan pada hari Jumat. Indeks Dolar AS terakhir terlihat diperdagangkan datar hari ini di 96,62.

EUR/USD bergerak sideways di sekitar 1,1250 pada hari Senin. Pekan lalu, pasangan ini turun 90 pips pada hari Jumat menghapus semua kenaikan mingguannya.

GBP/USD diperdagangkan di wilayah negatif Senin pagi dan tetap dalam jarak menyentuh 1,3200.

USD/JPY tetap lemah karena JPY memanfaatkan aliran safe-haven.

West Texas Intermediate (WTI) turun lebih dari 3% pada $68,20 di tengah memburuknya prospek permintaan.

Emas naik tajam pada hari Jumat dan mencatat kenaikan satu minggu terbesar sejak awal November. Pada saat penulisan, XAU/USD mengkonsolidasikan kenaikannya di sekitar $1.800.

Bitcoin terus berfluktuasi dalam saluran perdagangan menurun dan diperdagangkan mendekati $46.000 . Ethereum turun lebih dari 2% pada hari Senin setelah gagal bertahan di atas $4.000 selama akhir pekan.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik