Bantuan

Preview Jelang Putusan Suku Bunga Fed

21/09/2022, 16:05

Federal Reserve akan menaikkan suku bunga sebesar 75 bps untuk ketiga kalinya. Perkiraan untuk langkah selanjutnya sangat penting untuk reaksi pasar awal. Kesediaan Ketua Fed Powell untuk menerima resesi juga penting.

Satu kucing keluar dari karung - Federal Reserve diatur untuk tetap berpegang pada ekspektasi pasar dasar dan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin dan menahan diri dari langkah yang lebih besar. Mengapa saya mengatakannya dengan keyakinan yang semakin besar? Karena Nick Timiraos mengatakan demikian. Dia adalah reporter Wall Street Journal yang menyampaikan perubahan menit terakhir – dan hawkish – dari The Fed pada bulan Juni. Pratinjaunya menghindari menyebutkan ukuran langkah – yang berarti akan tetap berada di ranah ekspektasi pasar.

Namun dalam pratinjau saya, saya memberikan janji untuk kembang api di pasar – keduanya berdasarkan pergerakan di masa depan. Ayo mulai:

Menaikkan suku bunga untuk melawan inflasi panas yang mengepul

Sulit untuk melebih-lebihkan pentingnya keputusan Federal Reserve hari Rabu untuk pasar keuangan. Mereka berada di tepi setelah laporan inflasi minggu lalu mengejutkan investor dengan lompatan 0,6% dalam Indeks Harga Konsumen Inti . Itu dua kali lipat dari perkiraan awal. Core CPI mengalahkan perkiraan dalam lima dari delapan bulan tahun ini.

Ini menunjukkan bahwa sementara penurunan harga bensin menstabilkan inflasi utama, tekanan harga menjadi lebih luas dan lebih mengakar. Itu adalah skenario mimpi buruk The Fed – orang-orang mengharapkan inflasi yang lebih tinggi, ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya. Kehancuran pasar saham sangat kejam, dolar naik dengan cepat, dan pasar obligasi membuka pintu untuk kenaikan 100 bps.

Ekspektasi saat ini adalah untuk kenaikan suku bunga dosis tiga kali lipat ketiga berturut-turut, 75 bps . Pada saat penulisan, pasar obligasi memberi harga peluang lebih dari 80% untuk hasil itu setelah artikel Timiraos keluar.

Plot titik sangat penting untuk dolar

Dengan asumsi kenaikan 75 bps, fokus akan berada pada "dot plot" – perkiraan bank untuk pertumbuhan, inflasi, pengangguran dan suku bunga, ukuran yang paling penting. Pada bulan Juni, perkiraan Fed rata-rata untuk biaya pinjaman mencapai 3,8% pada tahun 2023: Yang terlihat seperti sejarah kuno.

Sebelum periode pemadaman, The Fed telah menekankan akan menahan diri dari pemotongan suku bunga tahun depan dan bahwa suku bunga puncak akan tepat di atas 4%. Itu adalah peningkatan kecil untuk proyeksi 3,8% itu.

Menghitung kemungkinan kenaikan suku bunga dari harga pasar obligasi menjadi lebih sulit ketika melihat ke masa depan. Namun demikian, pasar memperkirakan biaya pinjaman melayang di 4-4,5% pada akhir tahun depan.

Penting : Oleh karena itu, perkiraan mendekati 5% untuk akhir tahun 2023 akan secara signifikan hawkish , mengirim greenback lebih tinggi. Itu akan melebihi perkiraan pasar. Sebaliknya, level 4,50% yang lebih sederhana akan memungkinkan hasil "beli rumor, jual fakta", mendorong greenback lebih rendah.

Proyeksi bank untuk biaya pinjaman pada akhir tahun ini dan berikutnya juga signifikan. Dengan hanya dua pertemuan tersisa setelah September, proyeksi untuk 2022 dianggap lebih andal daripada 2023. Pasar saat ini memperkirakan kemungkinan besar bahwa suku bunga akan mengakhiri tahun pada tingkat 4,25-4,50%, yang akan menjadi 125 bps di atas 3,00 -3,25%, dengan asumsi kenaikan 75 bps.

Apa pun di bawah 4,4% pada akhir tahun ini akan menjadi dolar negatif, sementara apa pun yang melebihi 4,4% akan menyiratkan The Fed akan menaikkan suku bunga 75 bps keempat berturut-turut pada bulan November. Itu akan menambah kekacauan di pasar.

Mana yang lebih signifikan, ramalan untuk 2022 atau 2023? Saya berpendapat bahwa tahun depan lebih penting daripada tahun ini. Karena The Fed berjanji untuk menaikkan suku bunga dan mempertahankannya tetap tinggi, tarif terminal lebih penting daripada langkah jangka pendek berikutnya.

Jika Fed memberi sinyal kenaikan suku bunga besar lainnya tetapi jeda panjang setelahnya, itu bisa memicu reli bantuan di saham dan dolar tenggelam.

Penting: pemuatan depan adalah dolar negatif. Ketidakpastian yang sedang berlangsung adalah dolar positif.

Powell dan kata-R

Last but not least, Ketua Fed Jerome Powell dijadwalkan untuk mengadakan konferensi pers pada pukul 18:30 GMT, 30 menit setelah pengumuman. Setiap petunjuk tentang langkah selanjutnya yang bertentangan dengan plot titik dalam beberapa cara dapat memicu tindakan lebih lanjut.

Komentar Powell tentang kemungkinan resesi – dan seberapa besar kemauan The Fed untuk bertahan – juga penting. Sejauh ini, bank telah membiarkan pasar saham jatuh, dengan satu anggota bahkan bersinar dengan gembira setelah respons negatif pasar terhadap sikap hawkish Fed sebelumnya.

Penting: mengakui risiko resesi – dan menerimanya – akan lebih meningkatkan dolar. Ini akan menunjukkan The Fed akan terus menaikkan suku bunga bahkan dalam menghadapi kesulitan ekonomi, perang salib melawan inflasi.

Di sisi lain, sinyal kekhawatiran tentang peningkatan pengangguran akan membebani dolar. The Fed memiliki dua mandat: stabilitas harga dan kesempatan kerja penuh. Sangat mudah untuk fokus pada inflasi ketika pasar tenaga kerja sedang panas. Namun seperti inflasi, pengangguran juga bisa meningkat.

Pikiran terakhir

Perdagangan Fed itu rumit. Pergerakan menit-menit terakhir di pasar dapat menghasilkan tren-lawan tepat setelah rilis. Reaksi terhadap dot plot tersebut nantinya dapat dihapus sebagai tanggapan atas pernyataan Ketua Fed, dan putusan akhir atas tindakan bank tersebut hanya akan datang pada hari berikutnya.

Tren luas di pasar adalah kekuatan dolar dan hanya "poros" Fed ke laju kenaikan yang lebih lambat yang akan mengubahnya. Saya tidak melihat itu terjadi – karena inflasi tinggi dan luas, dan pasar tenaga kerja sangat panas. Dua mandat The Fed berteriak "kita harus mendinginkan ekonomi."

Saya berharap bank bersumpah untuk memerangi inflasi sampai keadaan berubah - dan tanpa harapan perlambatan, ketidakpastian yang dibenci akan membuat pasar turun. Itu akan menjadi kabar baik bagi dolar safe-haven.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik