Bantuan

Minggu Terbaik Euro

22/07/2022, 11:00

Euro menuju minggu terbaik sejak Mei pada Jumat setelah Bank Sentral Eropa (ECB) menaikkan biaya pinjaman lebih dari yang diperkirakan semalam dalam kenaikan suku bunga pertama sejak 2011.

Namun mata uang tunggal berada jauh dari puncak spontan hari Kamis setelah Presiden ECB Christine Lagarde mengatakan bahwa sementara otoritas moneter bergerak lebih cepat dari yang ditunjukkan sebelumnya, kurs terminal tidak berubah.

Bank sentral juga kekurangan spesifikasi alat baru yang ditujukan untuk menjinakkan imbal hasil obligasi negara periferal, seperti halnya obligasi Italia yang mengalami dampak dari pemerintahan yang runtuh.

"Rincian, persyaratan dan apa yang akan membenarkan aktivasi tidak jelas dan tidak banyak menginspirasi kepercayaan mengingat situasi politik Italia," kata analis.

Dia menambahkan bahwa melebarnya spread antara imbal hasil obligasi pemerintah Italia dan Jerman mencerminkan risiko politik yang lebih besar dan euro juga mundur dari puncak pasca pertemuan ECB di $ 1,0279.

Mata uang tunggal turun 0,2% pada hari Jumat menjadi $ 1,0205, mengembalikan sedikit kenaikan 0,5% sesi sebelumnya, tetapi tetap di jalur untuk reli mingguan 1,21%.

Indeks dolar - yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, dengan euro yang paling tertimbang - naik tipis 0,08% menjadi 106,70, menyusul penurunan 0,36% pada hari Kamis. Ini berada di jalur untuk penurunan 1,27% sejak Jumat lalu, penurunan minggu pertama dalam empat minggu.

Dolar juga terbebani semalam oleh penurunan imbal hasil Treasury setelah data menunjukkan kemerosotan aktivitas pabrik dan peningkatan aplikasi untuk tunjangan pengangguran, tanda-tanda bahwa ekonomi sudah merasakan efek dari pengetatan kebijakan Federal Reserve yang agresif, berpotensi memberikan tekanan pada bank sentral. bank lebih sedikit untuk dilakukan di masa depan.

Mata uang Jepang, yang sangat sensitif terhadap perubahan imbal hasil AS, menuju minggu kemenangan pertama sejak akhir Mei.

Dolar sedikit berubah pada 137,285 yen, setelah meluncur 0,67% semalam dan menarik lebih jauh dari tertinggi 24 tahun di 139,38 yang dicapai minggu lalu.

Itu meskipun Bank of Japan bertahan dengan pengaturan kebijakan yang sangat mudah pada hari Kamis.

Mata uang yang dianggap lebih sensitif terhadap risiko menurun pada hari Jumat dengan saham berjangka AS menunjuk lebih rendah, dipimpin oleh penurunan 0,7% untuk Nasdaq eminis karena pemilik Snapchat Snap Inc anjlok 25% dalam perdagangan yang diperpanjang setelah menurun untuk memberikan perkiraan keuntungan di tengah kondisi yang "sangat menantang".

Aussie turun 0,25% menjadi $ 0,6919 , memangkas kenaikan mingguan menjadi 1,84%, meskipun itu masih akan menjadi yang terbaik sejak awal Maret.

Sterling turun 0,14% menjadi $ 1,19875 pada hari Jumat, memangkas kenaikannya untuk minggu ini menjadi 0,98%, terbesar sejak akhir Mei.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik