Bantuan

ECB Ingin Akhiri Pembelian Obligasi

25/04/2022, 14:30

Pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa ingin mengakhiri skema pembelian obligasi mereka secepat mungkin dan menaikkan suku bunga secepat Juli tetapi tentu saja paling lambat September, menurut sembilan sumber yang akrab dengan pemikiran ECB.

ECB telah menghapus stimulus pada kecepatan paling lambat tahun ini tetapi lonjakan inflasi sekarang memberi tekanan pada pembuat kebijakan untuk mengakhiri eksperimen mereka selama hampir satu dekade dengan dukungan tidak konvensional.

Kendala besar sejauh ini adalah bahwa perkiraan jangka panjang masih menunjukkan inflasi turun kembali di bawah target 2% ECB tetapi perkiraan baru yang dibagikan dengan pembuat kebijakan pada pertemuan 14 April menunjukkan inflasi 2024 melebihi target, beberapa sumber mengatakan.

"Itu hanya lebih dari 2% sehingga dalam interpretasi saya semua kriteria untuk menaikkan suku bunga sekarang telah terpenuhi," kata salah satu sumber, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Anggota Dewan Pengatur telah lama mengkritik ECB karena meremehkan inflasi, yang mencapai 7,5% bulan lalu, dan mereka menganggap proyeksi baru sebagai langkah untuk mengakui kenyataan.

"Ketika (kepala ekonom) Philip (Lane) mempresentasikan angkanya, orang-orang justru bertepuk tangan," kata sumber lain.

Seorang juru bicara ECB menolak berkomentar.

Belum ada proposal kebijakan yang diajukan dan pertemuan ECB berikutnya masih sebulan lagi, pada 9 Juni.

Presiden ECB Christine Lagarde pada hari Jumat mengatakan bahwa pembelian obligasi akan berakhir pada awal kuartal ketiga dan kemungkinan kenaikan suku bunga tahun ini.

TIGA GERAKAN?

Hampir semua sumber mengatakan bahwa mereka melihat setidaknya dua kenaikan suku bunga tahun ini, tetapi beberapa berpendapat bahwa sepertiga juga mungkin, meskipun sangat tergantung pada bagaimana pasar mencerna pergerakannya.

Pasar memperkirakan kenaikan sekitar 85 basis poin untuk tahun ini, jadi lebih dari tiga pergerakan 25 basis poin, yang akan mengembalikan suku bunga deposito minus 0,5% ke wilayah positif untuk pertama kalinya sejak 2014.

Unwinding stimulus, ECB telah lama berargumen bahwa itu hanyalah kebijakan normalisasi, adalah konsep yang tidak ditentukan tanpa parameter yang ditetapkan.

Para pembuat kebijakan mengatakan bahwa normalisasi harus berarti kembali ke tingkat suku bunga netral, yang tidak merangsang atau menahan pertumbuhan.

Mereka menempatkan ini di sekitar 1% hingga 1,25%, jadi 150 hingga 175 basis poin di atas kurs saat ini.

"Mencapai level ini pada akhir 2023 bisa masuk akal," kata sumber kelima.

Suku bunga hanya bisa naik, bagaimanapun, setelah pembelian obligasi selesai dan semua 9 pembuat kebijakan, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan ini harus terjadi pada 30 Juni atau 1 Juli.

Ini berarti bahwa ECB akan berada dalam posisi pada pertemuan 21 Juli untuk menaikkan suku bunga.

"Kecuali jika prospeknya berubah secara dramatis, saya akan memilih Juli," kata sumber ketiga.

Beberapa sumber, bagaimanapun, mengatakan mereka masih lebih suka menunggu sampai September, sebagian karena perkiraan baru akan tersedia saat itu dan sebagian untuk menghindari langkah kebijakan utama selama bulan-bulan musim panas, ketika likuiditas lebih rendah.

ECB terakhir menaikkan suku bunga pada 2011 menjelang krisis utang blok itu, sebuah langkah yang sekarang secara luas dianggap sebagai kesalahan kebijakan terbesarnya hingga saat ini.

"Kenangan tentang gerakan itu masih menghantui kami," kata sumber keempat. "Beberapa orang takut membuat kesalahan serupa."

Federal Reserve AS diperkirakan akan memperketat lebih cepat. Pasar melihat pengetatan senilai hampir 250 basis poin tahun ini dengan kenaikan 50 basis poin pada beberapa pertemuan.

Semua pembuat kebijakan ECB menekankan, bagaimanapun, bahwa prospek dapat berubah secara radial sampai saat itu karena invasi Rusia ke Ukraina merupakan ancaman terus-menerus terhadap kepercayaan dan pandemi COVID-19 juga belum berakhir.

Beberapa pembuat kebijakan mengatakan bahwa resesi teknis, atau dua kuartal berturut-turut pertumbuhan negatif, mungkin terjadi tahun ini tetapi angka setahun penuh masih akan positif.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik