Bantuan

Preview Jelang CB Kepercayaan Konsumen

26/04/2022, 15:10

Keyakinan Konsumen diperkirakan akan naik ke 108,0 dari level terendah 10 bulan. Sentimen Konsumen Michigan April meningkat untuk pertama kalinya dalam empat bulan. Penjualan Ritel stabil tetapi PCE Riil yang disesuaikan dengan inflasi lebih rendah.

Konsumen Amerika telah menggerutu tentang inflasi untuk bagian yang lebih baik dalam setahun, tetapi sejauh ini keluarga dan rumah tangga tidak berhenti berbelanja. Kemungkinan bahwa memudarnya sentimen konsumen dapat memprediksi mundurnya konsumsi membuat pasar ragu dan tidak aman. Tetapi sentimen sudah sangat buruk sehingga bahkan peningkatan prospek tidak menjamin peningkatan prospek ekonomi

Sentimen Konsumen dari Conference Board (CB) diperkirakan naik di bulan April ke 108,0 dari 107,2 dan terendah 10 bulan Februari di 105,7.

Sentimen Konsumen Michigan

Survei Michigan adalah yang pertama melaporkan erosi dalam sikap konsumen musim panas lalu ketika pembacaan Agustus turun menjadi 70,3 dari 81,2 pada Juli. Penurunan tersebut berlanjut hingga Maret dengan skor terendah dalam 10 bulan sebesar 59,4. Slippage diperkirakan akan berlanjut hingga April dengan penurunan lebih lanjut ke 59. Kenaikan sentimen yang mengejutkan di bulan April ke 65,7 adalah kenaikan pertama dalam empat bulan.

Sikap konsumen Amerika telah berada di level terendah lebih dari 10 tahun sejak terjun Oktober lalu. Kekecewaan itu belum diterjemahkan ke dalam konsumsi negatif meskipun angka yang disesuaikan dengan inflasi jauh lebih lemah daripada versi nominalnya.

Penjualan Ritel dan PCE Nyata

Penjualan Ritel dan Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) stabil selama lima bulan terakhir. Penjualan naik 0,5% di bulan Maret dan rata-rata 0,95% dari Oktober lalu. Pengeluaran konsumsi rata-rata 0,78% untuk bulan yang sama.

Kualifikasi penting, terutama di lingkungan inflasi saat ini, adalah bahwa baik angka penjualan maupun PCE tidak terkoreksi untuk kenaikan harga. Kedua statistik melaporkan volume penjualan, setiap kenaikan harga diterjemahkan ke dalam angka konsumsi yang lebih tinggi.

Misalnya jika sebuah mobil berharga $50.000 pada bulan Februari tetapi $60.000 pada bulan Maret, data penjualan dan PCE akan mencantumkan volume konsumsi yang lebih tinggi untuk bulan Maret ketika, pada kenyataannya, tidak ada yang berubah.

Untuk mengoreksi bias inflasi ini, Biro Analisis Ekonomi (BEA) menerbitkan seri PCE yang disesuaikan dengan inflasi yang disebut Real PCE. Hasil nya sangat berbeda.

Selama lima bulan terakhir, Real PCE telah meningkat rata-rata hanya 0,18% setiap bulan. Itu kurang dari seperempat (23%) dari hasil yang tidak disesuaikan.

Kesimpulan: PCE dan pasar nyata

Angka sentimen konsumen adalah statistik sekunder. Mereka penting untuk apa yang mungkin atau mungkin tidak mereka prediksi tentang konsumsi.

Di AS, yang ekonominya sangat bergantung pada belanja konsumen, mereka berfungsi sebagai petunjuk untuk Penjualan Ritel dan Pengeluaran Konsumsi Pribadi.

Angka-angka Real PCE melukiskan gambaran yang jauh lebih lemah dari konsumen AS daripada angka-angka utama yang mengumpulkan sebagian besar perhatian.

Penyesuaian inflasi menunjukkan bahwa lebih dari tiga perempat dari perkiraan ekspansi konsumsi pribadi sejak September adalah ilusi. Data PCE Maret akan dirilis oleh BEA Jumat ini 29 April tetapi harus menunjukkan efek yang sama.

Ancaman inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi AS meningkat setiap bulannya. Upah tidak mengikuti kenaikan harga. Pada bulan Maret, rumah tangga kehilangan 2,7% dari daya beli mereka dibandingkan tahun sebelumnya.

Kenaikan kecil yang diantisipasi pada Keyakinan Konsumen CB Maret tidak akan menghilangkan kekhawatiran pasar bahwa keluarga AS kalah dalam perjuangan mereka dengan inflasi. Ini akan mengkonfirmasi penurunan konsumsi dan meningkatnya ketakutan akan resesi. Penurunan sentimen akan memperburuk kekhawatiran resesi yang begitu nyata di pasar ekuitas.

Bahkan jika sentimen naik lebih dari yang diharapkan, itu sangat jauh dari tingkat pertengahan 2021, itu hanya akan mengingatkan pasar tentang masa depan inflasi yang suram dan dampaknya yang berkembang.

Tidak ada hal positif yang diharapkan dari angka kepercayaan April.

USD

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik