Emas Naik, Menanti Pertemuan The Fed

26/07/2021, 14:00

Emas naik pada Senin pagi di Asia, di samping dolar AS yang memegang teguh dan investor menantikan keputusan kebijakan Federal Reserve AS, yang akan disampaikan oleh Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) akhir pekan ini.

Emas berjangka naik 0,41% menjadi $1,809,25 pada 12.54 WIB. sedikit di atas level psikologis $1,800 per ons. Dolar, yang biasanya bergerak terbalik terhadap emas, beringsut turun pada Senin pagi tapi tetap dekat level tertinggi multi-bulan.

FOMC secara luas diperkirakan akan membuat beberapa perubahan pada kebijakan moneter Fed ketika bertemu besok, dengan keputusan yang akan dijatuhkan sehari kemudian. Investor, bagaimanapun, akan mencari petunjuk kapan Fed akan mengambil sikap yang lebih hawkish melalui pengurangan aset dan kenaikan suku bunga.

Di depan data, data dari AS, yang dirilis pada hari Jumat mengatakan indeks manajer pembelian manufaktur (PMI) lebih baik dari perkiraan 63,1, sedangkan IMP jasa lebih rendah dari yang diharapkan di 59,8, pada bulan Juli. Di Asia, Jepang merilis PMI layanannya sendiri pada hari sebelumnya.

Sementara itu, di Eropa, semakin banyak negara meningkatkan pertahanan mereka terhadap meningkatnya jumlah kasus COVID-19 yang melibatkan varian Delta dan berupaya meningkatkan tingkat imunisasi mereka.

Permintaan emas fisik di India, pusat emas utama, tidak merata selama seminggu terakhir karena volatilitas harga menghalangi pembeli, pada gilirannya memaksa dealer untuk menaikkan diskon ke level tertinggi dalam hampir sebulan untuk mendorong pembelian.

Investor juga menaikkan posisi beli bersih mereka di emas COMEX di pekan yang berakhir 20 Juli, menurut data dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS.

Di logam mulia lainnya, perak naik tipis 0,1%, sementara paladium dan platinum masing-masing datar di $2.671,77 dan $1.061,55.

Promosi

Scroll ke atas
bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading